Sebanyak 40 relawan dari Merah Putih Kasih Foundation (MPKF) terjun langsung untuk menyalurkan bantuan kepada para korban terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.
Sebanyak 40 relawan dari Merah Putih Kasih Foundation (MPKF) terjun langsung untuk menyalurkan bantuan kepada para korban terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Cianjur Terus Mengalir

Hendrik Simorangkir • 04 Desember 2022 11:40
Tangerang: Berbagai bantuan baik berupa kebutuhan dasar maupun logistik masih terus mengalir untuk korban terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bantuan tersebut berasal dari Merah Putih Kasih Foundation (MPKF) melalui program peduli bagi para korban bencana alam.
 
Ketua Umum MPKF Tommy Hermawan Lo mengatakan, terdapat 40 relawan dari MPKF yang terjun langsung untuk menyalurkan bantuan kepada para korban terdampak gempa Cianjur
 
"Penyaluran bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan di pengungsian, juga sekaligus memberi pesan kepada para korban gempa di Cianjur agar tetap kuat dan segera pulih," ujar Ketua Umum MPKF Tommy Hermawan Lo, Minggu, 4 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tommy menuturkan, MPKF menyalurkan sebanyak 54 kategori barang, termasuk tenda, obat-obatan, makanan, susu, hingga pakaian, dengan jumlah anggaran lebih kurang Rp2 miliar yang langsung disalurkan 40 relawan dengan menggunakan 10 truk pengangkut bantuan.  
 
Baca: Pemkab Garut Asesmen Tingkat Keruskan Dampak Gempa

"Bantuan berupa makanan dan pakaian langsung disalurkan kepada korban gempa, sementara tenda dikumpulkan di Kodim 0608 dan bersama-sama didistribusikan ke titik-titik paling memerlukan bantuan. Sedangkan obat-obatan didistribusikan ke puskesmas dan balai desa di kecamatan terdampak gempa dan sangat membutuhkan," jelasnya.
 
Sepanjang perjalanan menuju pos komando (Posko) penanganan darurat bencana, Tommy menjelaskan, pihaknya kesulitan untuk bisa menyalurkan bantuan ke para korban yang membutuhkan. Pasalnya, akses menuju lokasi bantuan sedikit sulit untuk dilalui lantaran banyaknya reruntuhan bangunan akibat gempa tersebut. 
 
"Gempa Cianjur yang getarannya dirasakan juga di Jakarta menimbulkan kerusakan hebat sehingga menyulitkan para relawan mengakses lokasi terdampak untuk menyalurkan bantuan. Beruntung didampingi pihak kepolisian dan TNI, tim bisa bergerak menyusur jalan rusak menggapai pelbagai titik pengungsian itu," ungkapnya.
 
Sementara, menurut Dewan Pembina MPKF Jerry Hermawan Lo, bencana gempa di Cianjur menjadi momentum bersama-sama untuk berpegangan tangan erat bergotong-royong meringankan beban para korban yang terdampak.
 
"Indonesia punya semangat gotong-royong begitu kuat, dan itu jadi kekuatan kita untuk saling menguatkan dalam keadaan sesulit apa pun. Semoga bantuan ini bisa meringankan korban bencana gempa Cianjur untuk lekas pulih dan bangkit dari keterpurukkan," kata Jerry.
 
Dengan bantuan tersebut, Jerry berharap, pihaknya bisa selalu hadir di tengah situasi sulit para korban dan mengajak masyarakat di luar sana untuk berempati dan sebisa mungkin menggulung lengan kemeja untuk sama-sama membantu korban terdampak gempa Cianjur.
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif