Kepala Bidhumas Polda NTB Kombes Pol. Artanto. Antara/ Dhimas B.P.
Kepala Bidhumas Polda NTB Kombes Pol. Artanto. Antara/ Dhimas B.P.

Tersangka Money Game Bank NTB Syariah Segara Menjalani Sidang

Antara • 16 November 2022 14:09
Mataram: Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat melimpahkan berkas tersangka kasus dugaan money game (permainan uang) pada Bank NTB Syariah kepada jaksa peneliti.
 
Kepala Bidang Humas Polda NTB, Komisaris Besar Artanto, mengatakan pelimpahan berkas ini merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian jaksa yang sebelumnya telah memberikan petunjuk tambahan.
 
"Jadi, petunjuk tersebut sudah dipenuhi dan berkas sudah dikirimkan kembali kepada jaksa untuk diteliti kembali," kata Artanto di Mataram, Rabu, 16 November 2022.
 
Baca: Alasan Eks Presiden ACT Belum Dijerat dengan Pasal Pencucian Uang

Jika berkas dinyatakan lengkap, pihak kepolisian akan melakukan pelimpahan tersangka untuk segera disidang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Artanto menjelaskan berkas yang dilimpahkan kepada jaksa peneliti ini adalah milik tersangka berinisial PS, mantan penyelia pelayanan nontunai pada Bank NTB Syariah. Dugaan permainan uang pun muncul dalam periode PS menduduki jabatan tersebut.
 
Namun Sistem Pengendali Internal (SPI) dari pihak perbankan mengungkap modus permainan uang ini usai tersangka PS melepas jabatan pada tahun 2019.
 
"Dugaan tersebut berkaitan dengan manipulasi transaksi keuangan dari ratusan rekening nasabah yang terjadi sejak 2012," jelasnya.
 
Penetapan PS sebagai tersangka dalam kasus ini pun telah dikuatkan dengan hasil hitung kerugian negara dari tim independen. Nilai kerugian terungkap sedikitnya mencapai Rp11,9 miliar.
 
Kerugian yang muncul diduga hanya dinikmati oleh PS. Modus tersangka menjalankan permainan uang di Bank NTB Syariah tersebut diduga dengan menerapkan sistem 'gali lobang, tutup lobang'.
 
Setiap ada komplain nasabah terkait dengan kekurangan nominal tabungan, PS menutupi dengan mengambil dari rekening nasabah lain.
 
Penyidikan kasus dugaan money game pada Bank NTB Syariah ini berawal dari adanya laporan. Dari hasil penyidikan, kerugian Rp11,9 miliar muncul dari dana transaksi 440 nasabah Bank NTB Syariah.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif