Para biksu dan umat Buddha mengikuti detik-detik Waisak 2566 BE di pelataran Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. ANTARA/Heru Suyitno
Para biksu dan umat Buddha mengikuti detik-detik Waisak 2566 BE di pelataran Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. ANTARA/Heru Suyitno

2.000 Lampion Diterbangkan Meriahkan Waisak di Borobudur

Ahmad Mustaqim • 16 Mei 2022 17:53
Magelang: Prosesi peribadatan Perayaan Waisak 2566 BE yang dipusatkan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dilakukan sejak Senin pagi, 16 Mei 2022. Seremonial perayaan Waisak akan dilaksanakan malam ini yang diakhiri penerbangan ribuan lampion. 
 
Manajer Layanan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Ikhsan, mengatakan prosesi dan detik-detik dimulainya perayaan Waisak telah selesai dilaksanakan. Prosesi itu berupa perjalanan umat Buddha dari kawasan Candi Mendut hingga Candi Borobudur. 
 
"Manti malam acara seremonial dan pelepasan lampion," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kawasan Candi Borobudur padat wisatawan saat di libur Waisak ini. Keramaian ada di dalam maupun luar area Candi Borobudur. 
 
Baca juga: Rayakan Waisak, Umat Buddha Bagi-bagi Sembako di Borobudur
 
Proses penerbangan lampion akan dilakukan dengan didahului proses doa di area Taman Lumbini. Setelah prosesi itu kemudian dilakukan pelepasan lampion. 
 
"Wisatawan bisa ikut (pelepasan lampion) tapi yang bertiket. Ada 2 ribu lampion yang akan dilepas," ungkapnya.
 
Perayaan Waisak telah didahului prosesi jalan dari Umat Buddha dari Candi Mendut ke Candi Borobudur pada Senin pagi. Setelah itu ada kegiatan bhakti sosial dengan membagian paket sembako kepada warga di area Candi Mendut dan Candi Prambanan. 
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif