ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

6 Warga Kota Bandung Terpapar Omicron

Roni Kurniawan • 19 Januari 2022 19:19
Bandung: Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, mengungkap adanya 6 warga yang terpapar covid-19 varian Omicron. 2 dari 6 warga tersebut telah dinyatakan negatif namun masih dalam proses karantina selama 14 hari.
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung, Rosye Arosdiani, mengatakan 6 warga tersebut dinyatakan terpapar Omicron seiring dengan keluarnya hasil Whole Genome Sequencing (WGS) yang dilakukan oleh Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat.
 
"Ya, hasil WGS ternyata terkonfirmasi ada Omicron di kita (Kota Bandung). Ada enam orang," kata Rosye saat dihubungi, Rabu, 19 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kapolri Tekankan Disiplin Prokes dan Vaksinasi Booster untuk Cegah Omicron
 
Dia menjelaskan 2 dari 6 warga dinyatakan telah negatif usai dilakukan tes PCR dua kali namun masih dilakukan karantina di gedung BPSDM Jabar. Sedangkan 4 warga lainnya sempat menajalani perawatan di rumah sakit karena memiliki penyakit penyerta dan kini sedang proses untuk dipindahkan ke BPSDM Jawa Barat.
 
"Jadi sebetulnya di rawat di rumah sakit, tapi sekarang sudah membaik. Karena sudah membaik jadi rencana dialihkan ke BPSDM saat ini. Enggak tahu udah dipindahkan atau belum," jelasnya.
 
Ia mengakui Dinkes Kota Bandung telah melakukan pelacakan baik terhadap keluarga maupun orang-orang yang kontak erat dengan warga yang terpapar Omicron tersebut.
 
"Kalau tracing mah sudah dilakukan sebenarnya kalo WGS teh kan gini kapan PCR terus positif, tapi kita curiga misalnya karena CT-nya rendah kemudian karena dia dengan komorbid," ungkapnya.
 
Sementara Dinkes Kota Bandung juga saat ini tengah menelusri transmisi lokal Omicron. Rosye pun kembali mengingatkan kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan.
 
"Ini kita masih memastikan ya. Kemungkinan ini transmisi lokal," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif