Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga
Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga

Skenario Polda Banten Hadapi Kemacetan Arus Balik di Merak

Nasional Mudik Lebaran hari raya idul fitri banten Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Hendrik Simorangkir • 05 Mei 2022 14:54
Tangerang: Polda Banten menyiapkan sejumlah langkah guna menghadapi arus balik Lebaran. Hal ini bertujuan agar lalu lintas saat keluar dari Pelabuhan Merak menuju ke tol atau jalan arteri lancar.
 
"Polda Banten akan mengadaptasi pengaturan arus lalu lintas di Bojonegara dan Ciwandan," ujar Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga, Kamis, 5 Mei 2022.
 
Dengan begitu, pemudik yang kembali tidak melalui Pelabuhan Merak dapat diarahkan ke tol Cilegon Barat. Hal itu agar tidak berbenturan dengan mobilitas masyarakat ke menuju destinasi wisata Anyer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Shinto menuturkan arus balik akan menggunakan jalur tol dari Gerbang Tol Merak hingga Gerbang Tol Cikupa. Ada tiga skenario yang disiapkan. 
 
Baca: Urai Kemacetan di Bakauheni, Jalur Mobil dan Motor Bakal Dipisah
 
Situasi hijau jika kondisi arus lalu lintas normal, situasi kuning jika terjadi kepadatan pada pintu tol terutama gerbang tol Cikupa, dan situasi merah jika kepadatan terjadi cukup panjang di jalan tol.
 
"Rekayasa lalu lintas untuk situasi merah akan diberlakukan dengan mengalihkan kendaraan keluar di Gerbang Tol Balaraja Timur, Gerbang Tol Balaraja Barat bahkan gerbang tol lainnya, tergantung pada situasi di Gerbang Tol Cikupa," jelasnya. 
 
Shinto menambahkan jalur tol Merak-Jakarta memiliki dua rest area yang dapat dimanfaatkan pengendara, yaitu Rest Area KM 68 dan KM 45. Tiap rest area mampu menampung sekitar 100-150 unit mobil pribadi dan 100-120 unit truk.
 
"Dengan berorientasi pada keselamatan pengendara, silakan rest area dapat digunakan untuk beristirahat sejenak, maksimal 1 jam beristirahat diimbau pengendara untuk melaju kembali sehingga rest area dapat digunakan bergantian dengan pengendara lainnya," ucap dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif