Ilustrasi laju inflasi tahun ini - - Foto: dok MI
Ilustrasi laju inflasi tahun ini - - Foto: dok MI

Dana Pemulihan Ekonomi Kebijakan Jokowi Diyakini Bangkitkan Ekonomi

Nasional Bansos pandemi covid-19 Bantuan Sosial Tunai Perekonomian Indonesia
Deny Irwanto • 02 Mei 2022 18:25
Gorontalo: Realisasi kebijakan Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Presiden Joko Widodo diyakini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat. Optimalisasi serapan PEN berpotensi membangkitkan geliat perekonomian pedagang kecil usai dihantam pandemi covid-19.
 
Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Muhammad Amir Arham, mengatakan kebijakan Dana PEN yang gencar didorong Jokowi bisa menjadi jalan keluar dalam memulikan ekonomi.
 
Menurut Amir dengan persiapan matang serta pemberian pengawasan yang menyeluruh penyerapan kebijakan tersebut dapat lebih optimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Presiden Jokowi harus memberikan pengawasan hingga tingkat bawah," kata Amir di Kota Gorontalo, Senin, 2 Mei 2022.
 
Baca: Capai Rp52,66 Triliun, Realisasi Belanja PEN Baru 11,6%
 
Amir menjelaskan kebijakan itu juga harus didukung dengan mekanisme penyaluran yang tidak rumit serta agar target pemulihan ekonomi dapat segera tercapai.
 
Dia menjelaskan untuk kebijakan tersebut sangat membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di seluruh wilayah Tanah Air.  Terlebih kehadiran Dana PEN juga dapat membantu mayoritas penerima manfaat bertahan selama masa pandemi covid-19.
 
"Apalagi sekarang ada dana pemulihan ekonomi nasional dan itu untuk membangkitkan UMKM dan mestinya presiden harus tegas untuk itu," jelas Amir.
 
Amir pun begitu optimis dengan keberadaan Dana PEN kebijakan Jokowi ini ekonomi bangsa terus menuju ke arah yang lebih baik. Didukung dengan komitmen tinggi dalam pelaksanaanya di masyarakat.
 
"Saya kira optimis, asal disertai dengan komitmen di dalam pelaksanaannya. Jangan hanya di atas kertas tetapi komitmennya mulai dari atas sampe bawah," ungkap Amir.
 
Seperti diketahui Presiden Jokowi telah menyiapkan alokasi dana Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) sebesar Rp455,62 triliun. Dana tersebut rencanannya akan diprioritaskan untuk pangan dan energi.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif