Situasi ledakan di areal operasional SKG I Prabumulih, Sumatera Selatan, Senin, 9 Mei 2022. ANTARA/HO
Situasi ledakan di areal operasional SKG I Prabumulih, Sumatera Selatan, Senin, 9 Mei 2022. ANTARA/HO

Pipa Gas di Prabumulih Meledak, Pertamina Lakukan Investigasi

Nasional Ledakan Pertamina Pipa Pertamina
Antara • 09 Mei 2022 23:38
Prabumulih: Ledakan terjadi di areal operasional Stasiun Kompresor Gas (SKG) I Desa Kemang Tanduk, Kecamatan Rambang Kapak Tengah, Prabumulih, Sumatera Selatan, Senin, 9 Mei 2022.
 
"Ledakan terjadi pagi tadi (sekitar pukul 06.00 WIB) yang diduga karena ada kebocoran pada pipa saluran di areal operasional gas itu," kata Kepala Polres Prabumulih, AKPB Siswandi, saat dikonfirmasi.
 
Baca: Hadapi Arus Balik, Pertamina Siagakan Layanan dan Pasokan BBM di Sumatra-Jawa

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Siswandi belum mengetahui pasti penyebab ledakan tersebut karena masih akan dilakukan investigasi lebih lanjut oleh PT Pertamina. "Kami tidak terlibat dalam investigasi untuk mengetahui penyebabnya karena itu pekerjaan rumah rumah Pertamina, mungkin ada yang bocor dan sebagainya sehingga meledak," jelasnya.
 
Ia menyatakan ada dua orang warga yang menjadi korban atas ledakan itu.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun, dua warga menjadi korban tersebut diketahui pasangan suami istri berinisial K (52) dan N (27) warga Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat.
 
Mereka menjadi korban ledakan saat tengah melintas menggunakan sepeda motor menuju ke kebunnya yang tak jauh dari areal operasional. Pasangan suami-istri itu mengalami luka bakar di bagian tubuh sehingga harus dilarikan ke rumah sakit setempat untuk menjalani perawatan intensif.
 
Polisi memastikan para korban dalam kondisi yang membaik begitupun situasi di kawasan ledakan itu saat ini sudah aman dan kondusif.
 
Pertamina Lakukan Investigasi
 
PT Pertamina (Persero) melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab ledakan pipa gas pada stasiun kompresor gas di Prabumulih, Sumatra Selatan yang terjadi hari ini sekitar pukul 06.10 WIB.
 
"Lokasi kejadian telah dipasang garis pembatas untuk mencegah pihak yang tidak berkepentingan masuk ke area tersebut," kata Manajer Senior Pertamina Hulu Energi Regional Sumatra, Yudy Nugraha, dalam keterangan.
 
Yudy mengatakan lokasi insiden ledakan itu berada di belakang pagar antara fasilitas operasi PT Pertamina EP Limau Field dan PT Titis Sempurna.
 
Sesaat setelah mengetahui insiden tersebut, Tim Tanggap Darurat Pertamina langsung menuju ke lokasi ledakan untuk melakukan pemadaman. Insiden dapat dikendalikan dan api bisa dipadamkan pukul 07.12 WIB.
 
"Pertamina EP Limau Field dan Titis Sempurna tengah melakukan investigasi bersama untuk mengetahui penyebab kebakaran. Kami telah melaporkan kejadian ini pada pemerintah daerah terkait," kata Yudy.
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif