Jembatan di RT 01 Desa Haringen, Kecamatan Dusun Timur, Jumat, 27 Mei 2022 ambruk. ANTARA/HO-BPBD Barito Timur
Jembatan di RT 01 Desa Haringen, Kecamatan Dusun Timur, Jumat, 27 Mei 2022 ambruk. ANTARA/HO-BPBD Barito Timur

Jembatan di Barito Timur Ambruk Akibat Banjir

Antara • 29 Mei 2022 17:30
Tamiang Layang: Jembatan penghubung ke perkebunan warga di RT 01 Desa Haringen, Kecamatan Dusun Timur, Barito Timur, ambruk.
 
Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Barito Timur, Bertulumeus, mengatakan hal tersebut terjadi lantaran derasnya aliran air.
 
"Kita sudah melaporkan kondisi pascabanjir kepada pimpinan," kata Bertulumeus di Tamiang Layang, Minggu, 29 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Puluhan Hektare Tanaman di Kotim Gagal Panen Akibat Banjir
 
Jembatan tersebut terbuat dari kayu ulin. Diduga karena sudah tidak kokoh lagi akibat termakan usia, jembatan tersebut ambruk. Meski tidak hancur parah namun jembatan sudah tidak bisa dilewati lagi.
 
Menurutnya pada Jumat, 27 Mei 2022 pihaknya sudah meninjau lokasi-lokasi terdampak banjir, serta menyampaikan bantuan ke beberapa desa diantaranya Desa Lebo Kecamatan Dusun Tengah, Desa Tampa Kecamatan Paku, dan Desa Magantis Kecamatan Dusun Timur.
 
BPBD Barito Timur merilis sebanyak 29 desa dan dua kelurahan terdampak banjir pada delapan Kecamatan yakni Kecamatan Dusun Timur, Kecamatan Paku, Kecamatan Pematang Karau, Kecamatan Awang, Kecamatan Raren Batuah, Kecamatan Karusen Janang, Kecamatan Dusun Tengah dan Patangkep Tutui.
 
Seluruh camat dan kepala desa diminta membuat laporan kondisi wilayah masing-masing pasca banjir.
 
Camat dan kepala desa juga diminta waspada jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan lama karena bisa menyebabkan debit air di Sungai Awang, Sungai Paku, Sungai Patangkep dan Sungai Karau meluap dan kembali menyebabkan banjir.
 
"Walaupun secara umum air sudah surut, kita tetap siaga dan terus memantau perkembangan potensi terjadinya bencana baik banjir dan longsor," jelas Bertu.
 
Forcaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya, Ika Priti, mengatakan Kabupaten Barito Timur masih berpotensi terjadi hujan.
 
"Pada hari ini, Minggu (29/5) potensi turun hujan pada siang hingga sore," kata Ika melalui pesan singkat.
 
Ika juga menyebutkan untuk prakiraan besok Senin, 30 Mei 2022 secara umum berawan. Namun pada lusa, Selasa, 31 Mei 2022 potensi hujan pada dini hari hingga pagi.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif