ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Banda Aceh Keluar dari Zona Merah Covid-19

Nasional pandemi covid-19 zona covid-19 protokol kesehatan
Antara • 15 Oktober 2020 15:27
Banda Aceh: Kota Banda Aceh terbebas dari status kawasan dengan risiko tinggi penularan virus korona. Hal tersebut diketahui berdasar data peta zona risiko (PZR) Satgas Covid-19 Nasional.
 
"Dalam zona risiko covid-19 Banda Aceh saat ini sudah berada dalam zona orange. Kita targetkan zona hijau pada akhir Oktober 2020," kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, di Banda Aceh, Kamis, 15 Oktober 2020.
 
Baca: Kasus Covid-19 di Batam Tembus Angka 2.000

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aminullah menilai perubahan status ini karena tim siaga covid-19 Banda Aceh bersama masyarakat rutin melaksanakan razia protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan secara masif di ruang publik (4M).
 
Menurut dia peran warga sangat berpengaruh dalam menekan angka penularan kasus covid-19. Aminullah mengaku bersyukur masyarakat sudah cukup patuh menjalankan protokol kesehatan 4 M tersebut.
 
"Warga disiplin gunakan masker dimana saja, ini patut kita apresiasi. Namun, kita juga berharap semua menahan diri sementara waktu untuk tidak membuat keramaian atau berkumpul seperti di warung kopi, cafe atau semacamnya terlalu sering dan berlama-lama," jelasnya.
 
Aminullah meminta masyarakat terus memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan supaya dalam waktu dekat Banda Aceh kembali mendapat penilaian dari pusat hingga dikategorikan zona hijau.
 
"Jika sudah zona hijau, pemerintah mengizinkan aktivitas seperti biasanya. Seperti sekolah nanti akan dibuka kembali dalam proses tatap muka, tentu semua dengan mengedepankan prokes," ujar Aminullah.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif