Kendala Teknis pada UNBK Jangan jadi Hambatan
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian
Balikpapan: Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) beberapa waktu lalu di sejumlah sekolah di Balikpapan, Kalimantan Timur mengalami kendala teknis. Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian meminta kendala itu tidak dijadikan alasan membuat UNBK kembali menggunakan kertas.

"Kalau ada kendala dicari solusinya," kata Hetifah di Balikpapan seperti dikutip Antara, Selasa, 8 Mei 2018.

Sebelumnya Hetifah mengunjungi Dinas Pendidikan Balikpapan dan bertemu Kepala Dinas (Kadisdik) Muhaimin. Ia juga berkunjung ke SMPN 8 di kawasan Manggar, Balikpapan Timur.


Pada pelaksanaan UNBK lalu beberapa sekolah di Balikpapan mengalami kendala teknis seperti tidak tersambung dengan server karena jaringan internet. Seperti yang terjadi di SMAN 1 Balikpapan, sehingga ujian sedikit terlambat. 

Di SMPN 8, Kepala Sekolah Suprapto menuturkan bahwa di hari pertama ujian jaringan internet juga bermasalah di jam pertama.

"Saya instruksikan pada pengawas di kelas untuk menjelaskan masalah ini dan meminta siswa tenang. Ini kan masalahnya sama seperti daerah lain," kata Suprapto.

SMAN 1 Sepaku di Penajam Paser Utara memilih menggunakan genset sejak awal demi menghindari listrik padam tiba-tiba.

Karena itu, menurut Kadisdik Balikpapan Muhaimin, pihaknya bekerjasama secara khusus dengan PLN dan dengan PT Telkom.

"Jadi PLN lebih siap. Mereka menyiapkan teknisi untuk bersiaga hingga alternatif pasokan bila terjadi hal-hal yang luar biasa dengan pasokan listrik PLN," kata Muhaimin. Begitu juga dengan Telkom sebagai penyedia jasa jaringan internet.

Saat berkunjung ke Kantor Dikbud Kota Balikpapan, oleh Kadis Muhaimin, Hetifah diajak meninjau proses koreksi yang dikerjakan Tim Koreksi Lembar Ujian USBN tingkat SD/MI. Hetifah juga bertemu dengan para guru yang memeriksa jawaban.

Di SMPN 8, kedatangan Hetifah dimanfaatkan para siswa untuk berbagi cerita dan berfoto bersama.

"Ibu, kami minta tolong agar lapangan sekolah diperbaiki," kata Yudhistira siswa Kelas 9. Permintaannya dicatat Hetifah dan Wakil Ketua Komisi X itu berjanji untuk mengingatkan pihak-pihak yang berwenang di Balikpapan untuk memperbaiki lapangan itu.




(ALB)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360