Pengungsi gempa dan tsunami mengurus KTP-Elektronik di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu. Foto: MI/Ramdani.
Pengungsi gempa dan tsunami mengurus KTP-Elektronik di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu. Foto: MI/Ramdani.

Dinas Kependudukan Kulon Progo Kebut Kebutuhan KTP El

Nasional e-ktp
Ahmad Mustaqim • 10 Februari 2020 18:09
Kulon Progo: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapat tambahan ribuan blangko KTP elektronik (KTP El). Tambahan blangko KTP El itu bisa menutupi kebutuhan warga yang belum mengantongi kartu identitas.
 
Kepala Disdukcapil Kulon Progo, Aspiyah, mengatakan ada sebanyak 6.000 blangko KTP El yang diterima dari Direktorat Jenderal Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri pada Jumat, 7 Februari 2020.
 
"Ada sebanyak 4.647 warga Kulon Progo yang belum kantongi KTP El per Minggu kemarin. Mereka tersebar di 12 kecamatan di Kulon Progo," kata Aspiyah saat dihubungi, Senin, 10 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aspiyah menjelaskan jumlah itu bisa menutupi kebutuhan bagi warga di 12 kecamatan yang belum mengantongi KTP El.
Menurut Aspiyah proses pencetakan KTP El sudah mulai dilakukan. Pencetakan ini diutamakan bagi warga yang sudah melakukan perekaman namun baru mendapatkan surat keterangan atau belum mencetak kartu.
 
"Jadi, pemilik surat keterangan pengganti KTP El bisa datang ke kantor untuk kami cetakkan. Kami siap melayani cetak massal," jelas Aspiyah.
 
Dari perhitungan angka, blangko KTP El itu lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan warga yang belum mengantongi identitas. Sisa lebih dari 1.000 blangko itu bisa digunakan bagi warga yang belum melakukan perekaman dan belum mengantongi KTP El.
 
Terpisah, seorang warga Kecamatan Kokap, Eko Riyanto, mengaku senang dengan kabar sudah adanya tambahan blangko KTP El. Lelaki 29 tahun ini mengabarkan ke tetangga dan saudara yang belum mengantongi KTP El.
 
Ia mengatakan dirinya sempat mengurus untuk membuat KTP El. Saat itu, ia mengatakan prosesnya lama karena memakan waktu hingga dua bulan.
 
"Kalau sudah ada blangkonya, harapannya bisa segera dicetak buat warga yang belum punya KTP Elektronik. KTP ini kan penting buat berbagai kebutuhan kan," kata Eko.
 

 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif