NEWSTICKER
Peta sebaran virus korona (covid-19) di daerah di Jatim bisa diakses publik. (Medcom.id/Amal)
Peta sebaran virus korona (covid-19) di daerah di Jatim bisa diakses publik. (Medcom.id/Amal)

Khofifah Buka Peta Penyebaran Korona di Jatim Untuk Publik

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 21 Maret 2020 23:18
Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka peta sebaran virus korona (covid-19) di daerah di Jatim untuk publik. Masyarakat yang ingin tahu bisa membuka di laman website di infocovid19.jatimprov.go.id.
 
"Data penyebaran covid-19 di daerah-daerah di Jatim bisa diakses publik," kata Khofifah, saat jumpa pers di Gedung Negara Grahadi, Sabtu malam, 21 Maret 2020.
 
Pada kesempatan tersebut, Khofifah sempat menunjukkan data penyebaran korona di daerah-daerah di Jatim. Lewat situs itu, kata Khofifah seluruh jumlah kasus covid-19 baik positif, orang dalam pemantauan (ODP), dan pasiem dalam pengawasan (PDP), bisa diakses online beserta peta sebarannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun peta covid-19 milik Pemprov Jatim tidak sedetail seperti milik provinsi lainnya. Di mana peta sebaran korona dipublikasikan mulai tingkat kecamatan, bahkan di tingkat kelurahan.
 
Sementara di peta milik Pemprov Jatim, hanya dipublikasikan jumlah kasus positif korona, PDP dan ODP, dengan membedakan kategori kasus dengan warna di setiap kabupaten/kota. Untuk positif korona ditandai warna merah, PDP warna oranye, dan ODP warna kuning.
 
"Kami bukan tidak terbuka, tapi khawatir terjadi alienasi terhadap orang terjangkit covid-19," ujarnya.
 
Selain itu, Khofifah sebelumnya meluncurkan self assessment, yakni masyarakat yang ingin tahu tertular covid-19 atau tidak, bisa mengakses checkupcovid19.jatimprov.go.id. Di website tersebut, masyarakat tinggal menjawab pertanyaan dan mengikuti petunjuk menekan tombol Iya atau Tidak.
 
"Pengoprasian web tersebut sangat mudah, tinggal menjawab pertanyaan dengan jawaban Iya atau Tidak. Dan hasilnya akan keluar saat itu juga," ujar Khofifah.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif