Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Walkot Tangerang Sambut Baik Pelonggaran Pemakaian Masker

Hendrik Simorangkir • 17 Mei 2022 20:58
Tangerang: Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bersyukur Presiden Joko Widodo melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Pelonggaran tersebut diputuskan setelah mempertimbangkan kondisi pandemi covid-19 yang makin terkendali.
 
"Menurut saya, ini menunjukkan masalah covid-19 di Indonesia semua semakin terkendali. Mungkin ini pertanda sudah jadi endemi, mungkin ya. Cuma beliau menyampaikan di luar ruangan boleh lepas masker," ujar Arief, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Menurut Arief, setelah adanya pelonggaran tersebut, diharapkan masyarakat bijak mengambil keputusan. Ia mengatakan lebih baik mencegah dari pada terpapar covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau memang dia punya gejala, pilek, batuk, baiknya kan tetap pakai masker supaya mengurangi angka penularan. Tapi kalau memang dia merasa clean and clear, ya enggak apa-apa juga lepas masker," ungkapnya.
 
Baca: Presiden Melonggarkan Kebijakan Pemakaian Masker
 
Arief menambahkan pihaknya masih menunggu surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri terkait pelonggaran tersebut. Pihaknya akan mengikuti apapun keputusan yang telah diterapkan.
 
"Nanti kita tunggu surat edaran Mendagri kayak apa ya. Cuma yang beliau (Presiden Joko Widodo) sampaikan ya Alhamdulillah, mudah-mudahan ini pertanda kita sudah merdeka dari covid-19," ucapnya.
 
Arief menekankan dirinya sangat setuju dengan keputusan dari Presiden Joko Widodo terkait pelonggaran kebijakan pemakaian masker tersebut. Pasalnya, Presiden telah mengambil kebijakan tersebut berdasarkan adanya kajian analisis dan berbagai masukan.
 
"Kan beliau (Joko Widodo) Presiden. Masa enggak setuju. Dan begini, kalau menurut saya, sekaliber dengan kapasitas bapak Presiden Republik Indonesia, beliau mengambil kebijakan atau menyampaikan pernyataan itu kan pastinya dengan berdasarkan masukan dan kajian analisis," jelasnya.
 
Berdasarkan data terakhir, kasus harian covid-19 di Kota Tangerang tercatat di bawah angka 10 orang. Angka itu merupakan kasus terkonfirmasi covid-19 pada 1-15 Mei 2022. 
 
"Iya kasus hariannya sempat di bawah 10 semua, bahkan kemarin (15 Mei 2022) angkanya bahkan 0 kasus. Artinya tidak ada lonjakan. Jadi apa yang kita khawatirkan, ya alhamdulillah mudah-mudahan jauh lebih baik," ucap dia.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Presiden menjelaskan hal itu diputuskan dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi covid-19 yang makin terkendali di Indonesia.
 
"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 17 Mei 2022.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif