Bandara Soekarno Hatta. (MI/Ramdani)
Bandara Soekarno Hatta. (MI/Ramdani)

300 CCTV Pantau Pergerakan Pemudik di Bandara Soetta

Nasional Mudik Lebaran Bandara Soekarno-Hatta bandara soetta Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Hendrik Simorangkir • 23 April 2022 17:00
Tangerang: Sebanyak 300 kamera pengintai atau CCTV dipersiapkan guna memantau pergerakan pemudik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 300 CCTV itu akan dipantau melalui ruang Command Center Polresta Bandara Soekarno-Hatta. 
 
"CCTV itu ditempatkan di titik-titik strategis, yang akan menjadi salah satu penunjang Operasi Ketupat 2022 di wilayah hukum Polresta Bandara Soekarno-Hatta, yang digelar selama 12 hari, 28 April-9 Mei 2022," ujar Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Sigit Dany Setiyono, Sabtu, 23 April 2022.
 
Sigit menjelaskan Command Center itu berbasis dari data AOCC. Dari data AOCC kemudian dianalisa dan dibuat cara bertindak di lapangan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Command Center menyajikan data movement penerbangan, data movement penumpang, titik-titik mana yang berpotensi terjadinya penumpukan, di mana titik kepadatan, serta berdasarkan data biometric KTP bisa men-detect face recognition pelaku pidana," jelasnya.
 
Selain itu, Sigit menambahkan, di Command Center juga pihaknya bisa kembangkan petugas yang akan melaksanakan patroli cyber yang akan menganalisa cuitan-cuitan netizen di media sosial. 
 
Baca juga:  Terminal Batoh Banda Aceh Mulai Ramai Pemudik
 
"Jadi jangan coba-coba melakukan pidana di areal Bandara Soekarno-Hatta, semua sisi sudah tercover CCTV dan nanti akan disesuaikan dengan data biometric," katanya.
 
Polresta Bandara Soekarno-Hatta juga melakukan berbagai langkah antisipatif untuk menyambut arus mudik dan arus balik lebaran. Salah satu langkah yakni melakukan koordinasi dengan Angkasa Pura II selaku operator Bandara dan Jasa Marga selaku operator jalan tol. 
 
"Koordinasi tersebut dan berbagai langkah lainnya perlu dilakukan untuk mitigasi kemacetan arus lalu-lintas keluar atau masuk Bandara Soekarno-Hatta," kata Kasatlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Bambang Askar Sodiq.
 
Bambang menuturkan langkah lain yang ditempuh pihaknya, yakni memetakan kapasitas parkir dan rekayasa lalu-lintas, bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti genangan air di terowongan jalan Perimeter Selatan. 
 
"Kami tidak mau kecolongan, dengan melaksanakan antisipasi sejak dini," ucap dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif