Pemkab Gresik mengajak pedagang ternak yang biasanya menjamur jelang Iduladha ikut serta mencegah penyebaran PMK. Metro TV
Pemkab Gresik mengajak pedagang ternak yang biasanya menjamur jelang Iduladha ikut serta mencegah penyebaran PMK. Metro TV

Newsline

Strategi Gresik Kendalikan PMK Jelang Iduladha

MetroTV • 05 Juli 2022 03:58
Gresik: Sebanyak 4.572 hewan ternak di Gresik, Jawa Timur, terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Pemerintah daerah gencar menekan penyebaran wabah PMK dengan melakukan vaksinasi dan isolasi pada hewan ternak.
 
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengingatkan peternak bahwa PMK wabah yang mesti diwaspadai. Namun, masyarakat tidak perlu panik.
 
Dia mengajak pedagang ternak yang biasanya menjamur jelang Iduladha ikut serta mencegah penyebaran PMK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami bukan melarang untuk penjualan hewan ternaknya atau perdagangannya, tetapi kami mengajak kesadaran kepada pelaku usaha baik itu peternak dan juga pedagang, yang menjual hewan ternak untuk persiapan hari kurban," kata Fandi dalam tayangan Newsline di Metro TV, Senin, 4 Juli 2022.
 
Baca: Polisi Sekat Masuk Ternak Perbatasan Aceh-Sumut Antisipasi PMK

Dia mengajak pedagang dan peternak memakai jual beli ternak basis kandang untuk menghambat penyebaran wabah. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menutup pasar hewan agar wabah tak terus menyebar.
 
Jual beli online juga bisa menjadi solusi lain. Selain itu, Pemkab Gresik juga menyusun beberapa strategi untuk mengendalikan wabah.
 
Salah satunya, ngebuat vaksinasi PMK. Sebanyak 3.000 vaksin yang diterima dari pemerintah pusat disebar untuk mencegah ternak sehat terjangkit. (Sherviana)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif