Ilustrasi tempat tidur untuk pasien covid-19. Dok. Kemen PUPR.
Ilustrasi tempat tidur untuk pasien covid-19. Dok. Kemen PUPR.

Antisipasi Ledakan Omicron, Pemprov NTB Sediakan 4 Ribu Bed

Antara • 15 Februari 2022 16:42
NTB: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menambah 4.000 tempat tidur untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 varian Omicron. Kepala Dinas Kesehatan NTB Lalu Hamzi Fikri mengatakan saat ini tempat tidur baru 1.500 unit.
 
"Karena kasus naik, kapasitas tempat tidur kita perlu tambah sampai 2.000, bahkan sampai 4.000. Insyaallah semua rumah sakit kita sudah siap untuk itu," ujarnya di Kantor Gubernur NTB di Mataram, Selasa, 15 Februari 2022.
 
Kasus covid-19 dalam sepekan terakhir di seluruh wilayah NTB terus naik. Namun demikian, tidak sampai ada pasien yang dirawat di ruang ICU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada peningkatan kasus harian. Terbanyak karena komorbid dan belum divaksinasi," ujar Lalu.
 
Meski terjadi peningkatan kasus, tingkat keterisian kamar atau bed occupancy rate (BOR) masih cukup. Ia menyampaikan bagi masyarakat yang terkonfirmasi varian Omicron, namun bergejala ringan agar diisolasi di rumah masing-masing dengan pengawasan dan obat-obatan yang cukup.
 
Sebab, perawatan di rumah sakit hanya untuk pasien bergejala berat, seperti demam, flu, batuk, saturasi rendah, dan punya komorbid. Perawatan di luar rumah sakit ini akan berdampak baik pada BOR.
 
Baca: RSHS Bandung Rawat 13 Pasien Omicron
 
"Kita usahakan rumah sakit itu untuk yang gejala berat, komorbid, dan saturasi rendah, di luar itu di rumah saja dengan disiapkan vitamin, obat, dan pengawasan," ujarnya.
 
Untuk mencegah ledakan covid-19, upaya percepatan vaksinasi harus terus ditingkatkan. Apalagi NTB akan menjadi tuan rumah MotoGP pada Maret mendatang.
 
Selain itu, masyarakat juga harus meningkatkan protokol kesehatan, tidak berkerumun, menjaga jarak, dan selalu menggunakan masker dalam segala aktivitas. Sebab, pandemi covid-19 belum berakhir.
 
"Prokes tidak boleh diabaikan supaya kita jangan kalah oleh pandemi," ujar dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif