Bupati Cirebon dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat. Medcom.id/ Ahmad Rofahan
Bupati Cirebon dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat. Medcom.id/ Ahmad Rofahan

Gedung Pemerintah di Kabupaten Cirebon Bakal Gunakan PLTS Atap

Ahmad Rofahan • 14 April 2022 14:25
Cirebon: Sejumlah gedung pemerintahan di Kabupaten Cirebon akan menerapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Bupati Cirebon, Imron, dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat.
 
"Energi ramah lingkungan ini, semoga bisa segera direalisasikan," kata Imron di Cirebon, Kamis, 14 April 2022.
 
Baca: Menko Airlangga Lantik Anggota Bidang Pengusaha BP Batam

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Imron menjelaskan untuk tahap pertama, ada sebanyak 4 sekolahan di Kabupaten Cirebon yang akan menerapkan penggunaan PLTS atap sebagai sumber energi.
 
Empat sekolah tersebut yaitu SMAN 1 Plumbon, SMKN 1 Jamblang, SMKN 1 Kedawung dan SMKN 1 Mundu. "Nanti sekolah ini akan menggunakan PLTS atap," jelas Imron.
 
Sementara Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Ai Saadiyah, menuturkan ada dua program yang akan dilaksanakan oleh ESDM Jabar, yaitu Jabar Caang dan penerapan energi terbarukan.
 
Untuk penerapan energi terbarukan sendiri, nantinya akan menggunakan PLTS Atap. Pihaknya saat ini sedang melakukan kajian, untuk menerapkan sumber energi tersebut di gedung sekolah, pesantren dan gedung pemerintahan.
 
"Biar nantinya, gedung pemerintahan di Kabupaten Cirebon, bisa menggunakan PLTS," ungkap Ai.
 
Ai juga menambahkan dengan adanya penggunaan PLTS Atap ini, bukan hanya ramah lingkungan saja, namun juga bisa melakukan penghematan biaya listrik. "Sekarang juga, sudah banyak rumah-rumah warga yang menggunakan metode ini," ujarnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif