Tim kesehatan Kota Sukabumi, Jawa Barat melakukan pemeriksaan cepat (rapid test) antigen kepada sejumlah wisatawan yang hendak berwisata di Kota Sukabumi. ANTARA/ Aditya Rohman
Tim kesehatan Kota Sukabumi, Jawa Barat melakukan pemeriksaan cepat (rapid test) antigen kepada sejumlah wisatawan yang hendak berwisata di Kota Sukabumi. ANTARA/ Aditya Rohman

4.039 Nakes Sukabumi Divaksinasi Covid-19 Gelombang Pertama

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19 Protokol Covid-19
Antara • 13 Januari 2021 07:05
Sukabumi: Ribuan tenaga kesehatan di Kota Sukabumi, Jawa Barat, siap menjalani vaksinasi covid-19 gelombang pertama pertengahan bulan ini. Dinas Kesehatan setempat juga sudah melakukan pendataan terhadap ribuan nakes tersebut.
 
"Kami sudah mensosialisasikan sekaligus mendata seluruh tenaga kesehatan yang akan menjalani vaksinasi covid-19. Dari pemantauan, hasilnya secara umum sudah siap mulai dari ketersediaan vaksin, vaksinator, sarana dan prasarana lainnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Rita Fitrianingsih, di Sukabumi, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Baca: Dinkes Sulsel Distribusi Vaksin Covid-19 ke Tiga Daerah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan dari hasil pendataan jumlah nakes yang menjalani vaksinasi covid-19 di gelombang pertama sebanyak 4.039 dan untuk pelaksanaan penyuntikan vaksin dilakukan di tempat kerjanya masing-masing.
 
Setelah nakes, vaksinasi akan dilakukan kepada pelayan publik dengan jumlah sasaran 15.976 jiwa, kemudian masyarakat rentan sebanyak 92.374 jiwa, masyarakat umum dan pelaku ekonomi 82.831 jiwa dan masyarakat rentan lainnya 39.330 jiwa.
 
Sehingga target atau sasaran warga yang mendapatkan vaksinasi covid-19 sebanyak 234.550 jiwa. Sementara untuk jumlah dosis vaksin yang diajukan ke pemerintah pusat sebanyak 542.379 dosis atau setiap warga akan mendapatkan dua dosis vaksin.
 
Untuk penyuntikan vaksin pun dibagi menjadi dua gelombang yakni di gelombang pertama warga yang menjalani vaksinasi sebanyak 59.345 jiwa dan gelombang kedua 175.205 jiwa.
 
"Adapun sasaran utama warga yang menerima vaksin selain nakes dan pelayan masyarakat, juga warga yang sudah berusia 18 tahun hingga 59 tahun, peserta BPJS dan warga rentan lainnya," jelasnya.
 
Rita mengatakan dengan adanya vaksinasi ini diharapkan kasus penyebaran covid-19 di Kota Sukabumi bisa ditekan. Ia pun menegaskan bahwa vaksin covid-19 yang disediakan oleh pemerintah dipastikan aman, halal dan sudah melalui berbagai tahapan pengujian.
 

 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif