Warga dibantu petugas BKSDA memasang perangkap untuk menangkap Harimau yang kerap muncul. Foto: Istimewa
Warga dibantu petugas BKSDA memasang perangkap untuk menangkap Harimau yang kerap muncul. Foto: Istimewa

Warga Pasang Perangkap Harimau

Nasional hewan buas hewan dilindungi
Gonti Hadi Wibowo • 19 November 2019 20:30
Lahat: Munculnya Harimau Sumatra yang menewaskan warga dan memakan hewan ternak meresahkan warga di Desa Pulau Panas, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan. Warga berinisiatif membuat dan memasang perangkap kandang.
 
Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Lahat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel, Martialis Puspito mengatakan bentuk perangkap yang dibuat warga berupa kandang yang diisi umpan untuk memacing harimau agar masuk ke perangkap.
 
"Warga membuat perangkap kandang itu secara swadaya dengan menggunakan kawat dan kayu," kata Martialis, Selasa, 19 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perangkap yang dibuat oleh warga itu hanya bersifat sementara sambil menunggu tim evakuasi beserta peralatan yang memadai. Jika nantinya tertangkap, harimau dievakuasi kembali ke habitatnya karena sudah terlalu jauh turun ke pemukiman.
 
"Kami juga sudah meminta warga jika harimau tersebut tertangkap jangan dibunuh, karena itu merupakan satwa dilindungi dan terancam punah," jelasnya.
 
Pihaknya juga melakukan sosialisasi ke masyarakat sekitar untuk berhati-hati. Warga diminta mengurangi aktivitas di kebun untuk sementara waktu.
 
"Kita khawatirkan harimau ini masih berkeliaran di sekitar lokasi pemukiman dan kebun warga sehingga kami mengimbau kepada warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif