NEWSTICKER
Plafon SD Gedangklutuk dibobol untuk penyangga atap yang nyaris ambruk. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Plafon SD Gedangklutuk dibobol untuk penyangga atap yang nyaris ambruk. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Perbaikan Atap SD Gedangklutuk Gunungkidul Segera Dilakukan

Nasional sekolah rusak
Ahmad Mustaqim • 08 November 2019 18:21
Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan segera memperbaiki atap gedung SD Gedangklutuk Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari yang hampir ambruk. Langkah ini diambil menyusul jelang memasuki musim hujan.
 
Bupati Gunungkidul Badingah, mengatakan sudah meminta Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) untuk merespon bangunan sekolah rusak itu. Atap yang rusak itu harus segera ditangani agar siswa bisa nyaman belajar.
 
Ia menyatakan pemerintah berkewajiban menjamin ketersediaan sarana pendidikan layak. Ia mengatakan pendidikan menjadi salah satu hak dasar yang harus diberikan pelayanannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk itu pemerintah harus bisa menjamin soal ini. Harus ada segera perbaikan atau renovasi," kata Badingah di Gunungkidul, Jumat, 8 November 2019.
 
Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Gunungkidul, Irfan Ratnadi, menuturkan, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP4D) telah memantau kondisi gedung SD Gedangklutuk. Di sisi lain, ia mengaku proposal perbaikan bangunan sekolah itu memang sudah masuk.
 
"Karena keterbatasan anggran, mungkin belum bisa dilakukan tahun ini. Perbaikan SD Gedangklutuk akan dilakukan menyeluruh tahun depan," jelas Irfan.
 
Situasi demikian memang tak ideal bagi para siswa di sana. Apalagi saat ini mulai memasuki musim hujan.
 
Menurutnya, ada sejumlah alternatif pilihan agar para siswa bisa tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Meskipun, perbaikan total tetap baru dilakukan tahun depan.
 
"Salah satu alternatif solusi pemindahan lokasi belajar saat hujan. Seterusnya tetap akan ada pembangunan (SD Gedangklutuk)," kata dia.
 
Atap SD Gedangklutuk nyaris ambruk dan hanya disangga empat tiang bambu setinggi sekitar lima meter. Kondisi ini terjadi sejak sembilan bulan lalu. Para siswa yang semula menempati ruang kelas itu terpaksa menempati bekas gudang.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif