Bea Cukai Tarakan memusnahkan barang bukti hasil penindakan. istimewa
Bea Cukai Tarakan memusnahkan barang bukti hasil penindakan. istimewa

Bea Cukai Tarakan Musnahkan Barang Hasil Sitaan

Nasional bea cukai rokok ilegal
Al Abrar • 18 November 2020 22:46
Tarakan: Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Tarakan, memusnahkan 67.580 batang rokok tanpa cukai dan 16 balpres pakaian bekas senilai Rp 67.884.000. Pemusnahan barang bukti merupakan penindakan sejak Juli 2019 sampai Oktober 2020.
 
Kepala KPPBC TMP B Tarakan, Minhajuddin Napsah mengatakan, selain rokok dan balpres, 16 pasang sepatu, 51 botol alkohol turut dimusnahkan.
 
'Potensi kerugian negara ini mencapai Rp 67.884.000," kata Minhajuddin melalui keterangan tertulisnya Rabu, 18 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Minhajuddin mengatakan peredaran rokok tanpa cukai itu berasal dari luar Tarakan. Sebab di Tarakan dan Kalimantan Utara tidak mempunyai pabrik rokok.
 
Terkait minuman keras, jika dilihat dari labelnya, ia sampaikan berasal dari Malaysia. "Harusnya kan kalau masuk ke Indonesia, dia bayar dulu, kemudian cukai dilekati. Itu pita cukainya Malaysia punya," jelasnya.
 
Selain itu, Minhajuddin juga menerangkan bahwa temuan pakaian bekas impor merupakan hasil koordinasi dengan Dansatrol Lantamal XIII Tarakan. Pihaknya telah berkoodinasi untuk pemusnahan barang bukti.
 
Minhajuddin mengatakan, balpres tersebut merupakan barang yang tidak layak untuk dipakai. Sebab pakaian bekas itu tidak diketahui sumbernya dan rentan membawa penyakit.
 
"Kami sebagai penjaga di border terdepan, harus memastikan bahwa barang ini sesuai dengan titipan aturan dari perdagangan, tidak boleh diperdagangkan di Indonesia, juga tidak boleh masuk,"ujar Minhajuddin.

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif