Ilustrasi. Foto: Antara/F.B. Anggoro
Ilustrasi. Foto: Antara/F.B. Anggoro

Kampung KB Berdiri di Bali

Nasional keluarga berencana
Antara • 16 Maret 2016 20:42
medcom.id, Bali: Kampung Keluarga Berencana (KB) telah dicanangkan Presiden Joko Widodo pada medio Januari lalu di Cirebon, Jawa Barat. Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memperkuat komitmen pada program Kampung KB dengan mencanangkan Kampung KB di Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, beberapa waktu lalu.
 
“Kami membangun komitmen untuk menjadikan Kampung KB sebagai program yang menjadi urusan bersama antarinstansi, sehingga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di dalamnya dapat konsisten dan berkesinambungan,” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty, seperti dilansir Antara, Rabu (16/3/2016).
 
Lebih lanjut dijelaskan dukungan dan komitmen bupati/wali kota, kepala SKPD KB, camat, kepala desa/lurah, BPD, LPMD, LPMK, tokoh masyarakat, tokoh agama, Tim Penggerak PKK, serta kader dan bidan desa merupakan modal utama proses pembentukan, operasional kegiatan, sampai evaluasi dan pelaporan kegiatan Kampung KB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kampung KB, kata Surya, menjadi inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh di lapangan. "Ringkasnya, Kampung KB sebagai miniatur pelaksanaan total program KKBPK secara utuh yang melibatkan dan bersinergi instansi lain serta dilaksanakan di tingkatan pemerintahan terendah," kata dia.
 
Kampung KB merupakan upaya penguatan Program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB. "Sehingga dengan demikian bisa mewujudkan keluarga yang berkualitas”, ujar Surya.
 
Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu, di mana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga, dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.
 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif