Pemberian bantuan kepada warga terdampak longsor di Gunungkidul dan masih tertahan di pengungsian.
Pemberian bantuan kepada warga terdampak longsor di Gunungkidul dan masih tertahan di pengungsian.

Sepekan Usai Longsor, Warga Gunungkidul Masih Mengungsi

Ahmad Mustaqim • 27 November 2022 19:13
Gunungkidul: Sepekan pascabencana longsor di Dusun Blembem, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), aktivitas warga berangsur normal. Namun, masih ada beberapa warga yang tinggal di balai desa yang jadi tempat pengungsian.
 
"Warga mulai beraktivitas seperti biasa. Kami imbau masyarakat  tetap waspada jika hujan deras dengan intensitas tinggi kembali terjadi,” kata Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, Minggu, 27 November 2022.  
 
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memberikan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak bencana Hidrometeorologi, di Desa Candirejo, Kecamatan Semin. Bantuan itu diperlukan karena masih ada masyarakat yang bertahan di pengungsian karena rumahnya rusak. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Gunungkidul, Purwono, mengatakan bantuan logistik yang diberikan sebanyak 450 paket. Total bantuan itu diberikan di sejumlah titik. 
 
Baca juga: Jalur Alternatif Malang-Batu Putus karena Longsor

"Bantuan kami sebar di tiga kecamatan, Desa Klayar di Kecamatan Nglipar; Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen; dan Desa Candirejo, Kecamatan Semin," kata dia. 
 
Sementara Camat Ngawen, Sugito mengatakan di wilayahnya ada 68 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak bencana hidrometeorologi.  Selain itu, ada puluhan hektar lahan pertanian terdampak. 
 
"Di antaranya 38,8 hektare lahan padi, 2,6 hektare lahan sayuran, dan 1,5 hektare tanaman holtikultira. Semuanya dampaknya terendam," ujarnya. 
 
Ia tak mengetahui nilai kerugian para petani. Namun, sebagian tanaman pertanian yang tertimbun pasir yang terbawa air tak bisa dipanen. 
 
"Lahan pertanian tertimbun pasir dan sudah kami laporkan juga ke BPBD fasilitas jalan yang terkelupas panjangnya kurang lebih 100 meter,” jelas dia.
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif