Petugas dan masyarakat memadamkan api yang membakar kawasan hutan TN Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. ANTARA/HO-BTNGC
Petugas dan masyarakat memadamkan api yang membakar kawasan hutan TN Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. ANTARA/HO-BTNGC

129 Titik Panas Terdeteksi di Kaltim

Antara • 27 September 2022 21:36
Balikpapan: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Balikpapan mendeteksi adanya 129 titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Pihak terkait diharap menindaklanjuti dengan melakukan penanganan.
 
"Sebanyak 129 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 Wita hingga 17.00 Wita," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan, Ilham Rosihan Fachturoni, di Balikpapan, Selasa, 27 September 2022.
 
Baca: BPBD: Titik Panas di Sumatra Selatan Berkurang Dibanding Tahun 2021

Sebaran 129 titik panas tersebut pun telah disampaikan ke instansi terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.
 
Tiga hari sebelumnya pihaknya juga mendeteksi sebanyak 75 titik panas yang tersebar pada empat kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas itu telah padam setelah dilakukan penanganan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan 129 titik panas yang terpantau hari ini tersebar pada tujuh kabupaten/kota, yakni di Kota Samarinda ada 1 titik, Kabupaten Paser 8 titik, Penajam Paser Utara 3 titik, Kutai Barat 32 titik, Kutai Timur 19 titik, Kutai Kartanegara 10 titik, dan Kabupaten Berau sebanyak 56 titik panas.
 
"Rinciannya adalah untuk 1 titik panas Kota Samarinda berada di Kecamatan Samarinda Utara dengan tingkat kepercayaan menengah," jelas Ilham.
 
Kabupaten Paser yang terdapat 8 titik tersebar pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Kuaro dan Muara Samu masing-masing 1 titik, Long Ikis, Pasir Belengkong, dan Kecamatan Muara Komam masing-masing ada 2 titik panas.
 
Kabupaten Penajam Paser Utara yang terdeteksi 3 titik tersebar pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Babulu ada 2 titik dan Kecamatan Penajam terdapat 2 titik.
 
Untuk 32 titik panas di Kabupaten Kutai Barat tersebar pada enam kecamatan, yakni Kecamatan Jempang dan Barong Tongkok masing-masing 1 titik, Bongan 5 titik, Dilangputi 9 titik, Muara Pahu 3 titik, dan Kecamatan Siluq Ngurai ada 13 titik.
 
Kabupaten Kutai Timur yang terdeteksi 19 titik panas, tersebar pada tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Bengalon 3 titik, Busang 4 titik, Muara Bengkal 3 titik, Muara Wahau 2 titik, Rantau Pulung 4 titik, Sangatta Selatan 1 titik, dan Kecamatan Telen 2 titik panas.
 
Untuk 10 titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Kutai Kartanegara, tersebar pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Muara Kaman 2 titik, Muara Jawa 1 titik, Sebulu 2 titik, Loa Kulu 2 titik dan Kecamatan Loa Janan 3 titik.
 
"Kabupaten Berau yang terdeteksi 56 titik panas, tersebar pada enam kecamatan, yakni Kecamatan Biatan 3 titik, Gunung Tabur 9 titik, Sambaliung 10 titik, Segah 16 titik, Tabalar 8 titik, dan Kecamatan Talisayan terpantau 10 titik panas," ungkap Ilham.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif