ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Komitmen Jokowi Jaga Kebebasan Pers Disebut Optimalkan Peran Media

Deny Irwanto • 24 Juli 2022 19:42
Salatiga: Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut berkomitmen menjaga keberlangsungan kebebasan pers di Tanah Air. Komitmen itu semakin menguatkan peran media sebagai kontrol sosial di masyarakat.
 
Anggota Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, mengatakan keseriusan Jokowi dalam menata keberadaan industri pers begitu nyata.
 
"Pak Jokowi menunjukkan komitmennya di depan publik dan masyarakat internasional bahwa pers Indonesia akan terjaga untuk tidak dihancurkan baik lembaga atau elemen lain," kata Yosep di Salatiga, Jawa Tengah, Minggu, 24 Juli 2022.
 
Baca: Dewan Pers Usut Intimidasi Wartawan di Rumah Irjen Sambo

Dia menjelaskan selama kepemimpinan Jokowi hingga periode kedua peranan media semakin terlihat jelas. Kehadirannya tidak hanya sebagai penyebar informasi namun juga kontrol sosial dalam kehidupan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yosep juga menyebut kepemimpinan Jokowi tidak mengintervensi proses pengelolaan informasi. Justru mendorong hadirnya peningkatan baik secara kelembagaan maupun kualitas penyebaran informasi.
 
"Kalau presiden Jokowi tidak mengintervensi secara langsung karena beliau sangat berhati-hati sekali," jelas Yoseph.
 
Dia menuturkan dalam beberapa kesempatan pihaknya sering kali mengingatkan kepada Jokowi agar mengawal indepedensi pers. Mengingat pers sudah mempunyai induk organisasi tersendiri.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif