Lokasi pohon ditebang di Bandung, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Roni K
Lokasi pohon ditebang di Bandung, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Roni K

Penebang Pohon di Bandung Terancam Kurungan Penjara

Nasional nelayan ilegal ilegal logging tata kota
Roni Kurniawan • 22 Oktober 2019 13:05
Bandung: Sebanyak tujuh pohon mahoni di Kota Bandung, Jawa Barat, ditebang secara ilegal. Penebangan dilakukan di tiga titik di Kota Bandung, yakni di depan lokasi niaga.
 
Tujuh pohon itu masing-masing empat di Jalan Soekarno-Hatta, dua di Terusan Jalan Jakarta, dan satu di kawasan Pasirkaliki. Penebangan pohon masuk kategori pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) Kota Bandung Nomor 9 Tahun 2019 tentang Ketertiban Umum, Ketenteraman, dan Perlindungan Masyarakat.
 
"Ini sedang berproses, kita sedang memanggil saksi-saksi. Mudah-mudahan minggu-minggu ini sudah ada yang masuk ke persidangan. Karena mereka menebang pohon tanpa ada izin, jadi kami periksa terlebih dahulu," ujar Sekretaris Satpol PP Kota Bandung Budhi Rukmana di Balai Kota Bandung, Selasa, 22 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pohon yang ditebang berada di depan area pertokoan. Penebangan dilakukan pihak lain, padahal penebangan pohon harus mendapatkan izin dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung Kota Bandung.
 
"Penebangan pun harus dilakukan oleh dinas, karena harus ada surat permohonan, lalu izinnya juga," sambungnya.
 
Satpol PP menyiapkan sanksi bagi tersangka penebangan pohon secara ilegal sesuai dengan Perda yang berlaku yakni Jika diameter pohon yang ditebang di bawah 20 sentimeter, sanksinya berupa denda biaya paksa maksimal Rp10 juta.
 
"Jika di atas 20 sentimeter, sanksinya kurungan penjara tiga bulan dan denda maksimal Rp50 juta," tutur Budhi.
 
Sebelum Perda Nomor 9 Tahun 2019 berlaku, kasus penebangan pohon ilegal juga sudah terjadi dalam kurun Mei hingga September 2019. Total ada empat kasus penebangan. Tapi, sanksi yang dikenakan masih mengacu pada perda lama, yaitu Perda Nomor 11 Tahun 2005 tentang K3.
 
"Medio Mei sampai September sudah ada penetapan sanksi untuk kasus penebangan ilegal sebanyak empat pohon. Masing-masing dikenakan biaya paksa sebesar Rp5 juta. Sehingga total sudah masuk Rp20 juta ke kas daerah," tegas Budhi
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif