Ilustrasi hoaks. Foto: Medcom.id
Ilustrasi hoaks. Foto: Medcom.id

Suhu Panas Ekstrem di Yogyakarta Hoaks

Nasional musim kemarau
Agus Utantoro • 23 Oktober 2019 16:28
Yogyakarta: Stasiun Klimatologi Mlati, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta membantah wilayah Yogyakarta akan dilanda suhu panas tinggi selama tiga hari ke depan. Kepala Stasiun Klimatologi Mlati BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas menegaskan informasi yang beredar di media sosial hoaks.
 
"Kami mengimbau masyarakat Yogyakarta untuk memastikan kebenaran berita dengan mengklarifikasi kepada instansi terkait yaitu BMKG DIY, Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta," tegas Reni, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Dia menerangkan informasi yang beredar di media sosial yakni, untuk kawan-kawan semua,..mulai besok sampai tiga hari ke depan diharapkan kurangi aktivitas di luar rumah karena cuaca panas ekstrem melanda Indonesia untuk tiga hari ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unggahan juga dibarengi anjuran banyak minum air mineral dan multivitamin. Selain itu, dalam unggahan itu juga menyebut kota yang bakal dilanda suhu ekstrem kisaran 38 derajat celsius hingga 50 derajat celsius di Papua.
 
Dia mengungkap pengamatan BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta suhu udara maksimum tanggal 22 dan 23 Oktober 2019 adalah 32 derajat celsius. Suhu maksimum selama lima hari terakhir yaitu antara 31 sampai 36 derajat Celsius. Tren suhu menunjukkan penurunan hingga hari ini.
 
"Warga jangan menyebarkan berita yang diterima sebelum memastikan berita tersebut adalah benar atau valid," imbuhnya.
 
Reni mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem menghadapi pancaroba. Dia mengungkap angin kencang dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprakirakan terjadi dan bersifat lokal.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif