Kereta api Bandara Adi Soemarmo melintas di jalur kereta api Stasiun Balapan Solo-Stasiun Bandara Adi Soemarmo saat uji coba di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Aloysius Jarot)
Kereta api Bandara Adi Soemarmo melintas di jalur kereta api Stasiun Balapan Solo-Stasiun Bandara Adi Soemarmo saat uji coba di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Aloysius Jarot)

Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Mulai Beroperasi

Nasional kereta api kereta bandara
Ferdinand • 29 Desember 2019 16:58
Surakarta: Kereta api relasi Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan, Surakarta, Jawa Tengah, mulai beroperasi secara terbatas, Minggu, 29 Desember 2019.
 
Pengoperasian kereta api berkapasitas 393 penumpang ini merupakan penyempurna konsep integrasi antarmoda Bandara Adi Soemarmo, Stasiun Solo Balapan, dan Terminal Tirtonadi. Penumpang yang turun dari pesawat bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Stasiun Solo Balapan tanpa harus keluar dari bandara.
 
Jika ingin melanjutkan perjalanan menggunakan bus dari Stasiun Solo Balapan bisa menuju Terminal Tirtonadi melalui sky bridge yang nyaman. Begitu pula sebaliknya bagi masyarakat yang turun di Terminal Tirtonadi atau Solo Balapan dan hendak melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kereta api pertama di Indonesia yang langsung masuk bandara tanpa harus melanjutkan perjalanan ke tempat lain," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu, 29 Desember 2019.
 
Menteri Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Dirut PT KAI Edi Sukmoro sebelumnya menyempatkan diri untuk mencoba kereta buatan PT INKA Madiun itu. Mereka naik dari Stasiun Solo Balapan bersama masyarakat.
 
Budi mengaku sangat puas dan mempersilakan masyarakat untuk mencoba langsung. Selama dua bulan masa operasional terbatas diterapkan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis.
 
Ia berharap ke depan kereta bandara Adi Soemarmo bisa sampai Prambanan. Hal itu dalam rangka menciptakan klaster Solo-Yogyakarta dan mendukung Candi Borobudur sebagai salah satu dari lima destinasi wisata superprioritas.
 
Perasaan puas juga diutarakan Ganjar Pranowo. Dia mengaku lega akhirnya kereta api Bandara Adi Soemarmo terealisasi dan sudah mulai dioperasikan.
 
"Semoga bermanfaat," kata Ganjar dalam sambutannya.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif