Warga membersihkan puing rumah usai gempa. Dokumentasi/ Antara
Warga membersihkan puing rumah usai gempa. Dokumentasi/ Antara

BPBD Lebak Catat 274 Rumah Rusak Akibat Gempa

Nasional Gempa Bumi bencana alam Gempa Banten
Antara • 17 Januari 2022 00:02
Lebak: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak,  Banten, mencatat sebanyak 274 rumah rusak akibat gempa tektonik bermagnitudo 6,6 pada Jumat, 14 Januari 2022.
 
"Kami hingga saat ini masih melakukan pendataan dengan melibatkan aparatur kecamatan, desa dan relawan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama, di Lebak, Minggu, 16 Januari 2022.
 
Baca: Polisi Sidoarjo Waspadai Penyebaran Omicron di Perbatasan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dampak gempa tektonik yang berpusat di Perairan Sumur Kabupaten Pandeglang itu cukup kuat, karena ratusan rumah di Kabupaten Lebak mengalami kerusakan.
 
Berdasarkan data yang diterima dari BPBD Lebak tercatat sebanyak 274 rumah yang mengalami kerusakan akibat getaran gempa bumi tersebut. Dari 274  rumah tersebut, 16 rumah rusak berat, 32 rumah rusak sedang dan 226 rumah rusak ringant.
 
Gempa tersebut juga menimbulkan kerusakan terhadap delapan gedung sekolah, satu kantor pemerintahan dan enam sarana ibadah.
 
Kemungkinan besar jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa tektonik tersebut  bertambah, sebab petugas masih melakukan pendataan.
 
Hingga saat ini tidak ditemukan korban jiwa akibat bencana alam tersebut di Kabupaten Lebak.
 
"Kami hanya menerima dua warga yang mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan rumah, tetapi kini kondisinya sudah membaik setelah ditangani tenaga medis setempat," ungkap Febby.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif