Salah rumah warga terendam air akibat banjir rob di Desa Air Duren Pemali Bangka (ANTARA/Kasmono)
Salah rumah warga terendam air akibat banjir rob di Desa Air Duren Pemali Bangka (ANTARA/Kasmono)

2 Wilayah di Bangka Terdampak Banjir Rob

Antara • 23 Januari 2023 12:04
Sungailiat: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat dua wilayah terdampak banjir rob yang terjadi Minggu, 22 Januari 2023.
 
Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Ridwan, wilayah yang dilanda banjir rob yakni di Lingkungan Parit Pekir Sungailiat. Ratusan rumah warga terendam akibat pasang air laut.
 
Banjir rob di lingkungan Parit Pekir Sungailiat dengan ketinggian air mencapai 30 sampai 50 cm, terpusat di empat RT yakni di RT04, RT03, RT02 dan RT08.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian banjir yang sama terjadi di Desa Air Duren Pemali yang mengakibatkan beberapa rumah warga terdampak karena air masuk di rumah sebagian warga setempat.
 
"Banjir rob di Desa Air Duren Pemali lebih diakibatkan intensitas hujan yang tinggi dari malam hingga siang hari yang menyebabkan meluap air di drainase yang diketahui saluran air tersebut tersumbat," jelas dia, Senin, 23 Januari 2023.
 
Baca juga: Banjir Rob Melanda Lingkungan Parit Pekir di Sungailiat

Dikatakannya air tidak hanya merendam sejumlah rumah warga, tetapi juga meluap sampai badan jalan yang menghubungkan ke desa lain.
 
Dari pendataan warga terdampak banjir rob di dua wilayah itu tidak mengakibatkan baik korban jiwa maupun luka-luka, hanya sebagian warga terpaksa menyelamatkan properti untuk menghindari terendam air.
 
"Saya mengingatkan seluruh warga di daerah potensi rawan banjir rob untuk tetap mewaspadai terjadi musibah tersebut karena diprediksi banjir rob masih berpotensi terjadi sampai dua hari ke depan," terang Ridwan.
 
Selain dua wilayah banjir rob yang terdata, kata dia di hari yang sama juga terdapat satu titik kebakaran di warung Kopi Tung Tau yang berada di pusat Kota Sungailiat.
 
Ridwan menambahkan telah menyiagakan satu tim reaksi cepat selama 24 jam yang ditugaskan membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terkena musibah.
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif