Ilustrasi pemakaman pasien covid-19. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Ilustrasi pemakaman pasien covid-19. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Pemakaman Pasien Covid-19 Salahi Prosedur, Belasan Warga Tertular

Nasional Virus Korona
Syaikhul Hadi • 17 Mei 2020 23:38
Sidoarjo:Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengakui ada unsur kelalaian dalam penanganan pemakaman pasien posirtif covid-19 (korona). Imbasnya,15 orang di dusun Janti Kecamatan Waru, Sidoarjo tertular dan dinyatakan positif covid-19.
 
Pelaksana tugas Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin menyebut peti pasien tersebut dibuka oleh warga. Kemudian, warga memandikan dan menguburkan jenazzah itu tanpa protokol dan prosedur pemakaman pasien covid-19.
 
"Ada yang meninggal positif, tapi ada keteledoran disana. Seharusnya kalau meninggal positif, maka SOP nya harus jelas sudah," jelas Nur Achmad Syaifuddin, Minggu, 17 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, dalam SOP pasien positif yang meninggal harus dimakamkan oleh petugas khusus yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Kedua, tidak dimakamkan oleh banyak orang. "Ketiga, kotak (peti jenazah) nya tifak boleh dibuka. Nah saya tidak tahu, tahunya pas kejadian itu, setelah sampai dirumah, kotaknya dibuka," terangnya.
 
Ia mengatakan, tidak mengetahui persis kejadian itu. Informasi yang diterimanya terlambat.
"Mungkin sekitar dua pekan lalu, intinya ada yang meninggal, petinya dibuka, itu sudah melanggar aturan," katanya.
 
Oleh karena itu, pihaknya memperketat pengawasan di wilayah setempat, termasuk juga melakukan penelusuran warga yang ikut serta dalam prosesi pemakaman itu.
 
"Akan diperketat, apalagi wilayah tersebut merupakan zona merah dan harus dilakukan pengawasan ekstra. Ada tim khusus yang mengawasi tempat itu," katanya.
 
Dari data yang ada, wilayah Kecamatan Waru, terdapat 69 pasien positif covid-19 setelah pada akhir pekan ini mendapatkan tambahan sebelas orang.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif