Ilustrasi. (Foto: MI/Palce Amalo)
Ilustrasi. (Foto: MI/Palce Amalo)

Kota Bandung Siap Jadi Proyek Percontohan Kartu Prakerja

Nasional kartu sakti jokowi
Roni Kurniawan • 05 Februari 2020 12:12
Bandung: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bandung, Jawa Barat, menyatakan siap menjadi proyek percontohan kartu prakerja. Pihaknya kini masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres) terkait implementasi kebijakan.
 
"Kami masih menunggu bagaimana peran kami dan regulasi atau arahan dari pusat. Yang pasti kami siap menjadi pilot project program tersebut," kata Kepala Disnakertrans Kota Bandung, Arief Syaifudin, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Arief menilai fungsi kartu prakerja lebih kepada pelatihan agar penerima kartu memiliki keahlian sesuai bidang pekerjaan. Nilai di kartu kerja juga tidak digunakan sebagai gaji alih-alih biaya pelatihan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika nanti turun dari pusat untuk melakukan itu, kami sudah siap. Hanya saja kami masih menunggu regulasi mengatur apa saja," katanya.
 
Lebih lanjut, kata dia, sekitar 96 ribu dari 2,5 juta jiwa warga Kota Bandung masih menganggur. Program Kartu Prakerja diharapkan bisa menekan angka pengangguran di Kota Kembang.
 
"Kalau melihat data pengangguran tersebut, kita sudah melampaui target RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah). Tetapi kita tidak bisa santai. Kita harus terus bersiap menghadapi bonus demografi. Mudah-mudahan dengan kartu prakerja bisa menjawab bonus demografi itu," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif