Prosesi larungan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Prosesi larungan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/ Rhobi Shani.

Belasan Ribu Warga Meriahkan Tradisi Larungan

Nasional wisata budaya jawa tengah Lebaran 2022
Rhobi Shani • 09 Mei 2022 14:25
Jepara: Pesta Lomban di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, berjalan sangat meriah. Prosesi Larungan kepala kerbau diikuti belasan ribu masyarakat.
 
Sejak pukul 05.00 WIB, Senin, 9 Mei 2022, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Batu, Kecamatan Jepara, sudah dipenuhi masyarakat. Sementara itu, di laut sudah bersiap ratusan kapal nelayan.
 
Pada pukul 07.00 WIB, sesaji kepala kerbau yang diletakan di atas miniature kapal mulai diarak keluar dari TPI. Dengan iring-iringan tarian masyarakat pesisir, sesaji kepala kerbau dinaikan ke atas kapal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suasana muara Sungai Wiso mendadak seperti mau perang. Ratusan kapal dan perahu kecil berjalan bersama-sama menuju tengah laut Jepara. Kapal dan perahu dipenuhi masyarakat yang ingin menyerbu kepala kerbau yang dilarung oleh Bupati Jepara, Dian Kristiandi.
 
Baca juga: Ratusan Kapal Ramaikan Prosesi Larungan di Jepara
 
Setelah sampai di sebelah utara Pulau Panjang, miniatur kapal bersiap dilarung. Seketika itu, perahu-perahu nelayan langsung merangsek mendekat. Saat bupati menjatuhkan kapal di laut, para lelaki langsung menceburkan diri.
 
Mereka seolah bertikai memperebutkan sesaji di kapal itu. Tak hanya sesaji, mereka memperebutkan perhiasan yang dipasang di kepala kerbau. Seperti kalung, anting-anting dan perhiasan lainnya.
 
"Lomban sekaligus Larungan ini menjadi wujud syukur dari masyarakat nelayan Jepara. Harapannya, para nelayan ke depan bisa mendapatkan rejeki yang melimpah dari laut," ujar Andi, sapaan Dian Kristiandi usai larungan.
 
Larungan pada H+7 sudah menjadi tradisi dari nenek moyang secara turun temurun. Tahun ini, merupakan Larungan pertama setelah pandemi Covid-19, yang digelar secara ramai dan meriah. Sebab, dua tahun terakhir Larungan dilaksanakan secara terbatas dan diikuti sedikit nelayan.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif