Seekor buaya liar berjemur di gundukan pasir di Sungai Palu, Palu, Sulawesi Tengah, Senin, 11 April 2022. ANTARA/Basri Marzuki
Seekor buaya liar berjemur di gundukan pasir di Sungai Palu, Palu, Sulawesi Tengah, Senin, 11 April 2022. ANTARA/Basri Marzuki

11 Buaya di Banyuasin yang Lepas dari Penangkaran Tertangkap

Antara • 15 April 2022 13:13
Palembang: Tim Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Provinsi Sumatra Selatan menangkap 11 ekor buaya yang lepas dari penangkaran di Desa Tanjung Sari, Kelurahan Sukomoro, Kecamatan Talang Kepala, Kabupaten Banyuasin.
 
Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Sumsel, Ujang Wisnu Barata, mengatakan saat ini pihaknya masih memantau lokasi tersebut karena diperkirakan terdapat 20 ekor buaya muara yang lepas ke alam bebas akibat banjir pada Minggu, 10 April 2022.
 
"Kami terus memantau, dan jika mendapat laporan dari warga maka tim langsung bergerak ke lokasi untuk menangkapnya," kata Ujang di Palembang, Jumat, 15 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tanggul Jebol usai Hujan, 82 Buaya di Banyuasin Lepas dari Penangkaran
 
Sebanyak 20 di antara total 82 ekor diperkirakan lepas ke alam bebas setelah kolam penangkaran terendam air setinggi 1,5 meter karena tingginya debit hujan.
 
Hingga saat ini, pihaknya belum mampu memastikan jumlah buaya yang lepas tersebut karena air kolam masih tinggi. Untuk itu pihaknya terus memantau lokasi dengan menurunkan tim pantau yang berjumlah 10 orang, di antaranya pawang dan anggota klub reptil.
 
Demi menjaga keselamatan warga, BKSDA mengimbau warga jika melihat buaya tersebut untuk segera melapor ke posko pantau yang didirikan di dekat lokasi.
 
"Buaya ini bukan hewan yang gampang kelihatan. Jadi jika melihat segera melapor, dan jangan bertindak sendiri," jelas Ujang.
 
BKSDA juga mengimbau warga untuk tetap tenang karena sejatinya buaya tidak suka keramaian. Biasanya buaya akan menjauhi kerumunan masyarakat dan permukiman warga.
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif