?Kota Pekanbaru merupakan salah satu daerah yang migrasi sistem siaran dalam analog switch off (ASO) tahap pertama pada 30 April 2022. Metro TV
?Kota Pekanbaru merupakan salah satu daerah yang migrasi sistem siaran dalam analog switch off (ASO) tahap pertama pada 30 April 2022. Metro TV

Newsline

Jelang Digitalisasi Siaran TV, Puluhan Ribu Set Top Box Dibagikan di Pekanbaru

MetroTV • 10 Maret 2022 16:04
Pekanbaru: Pemerintah akan menyalurkan 6,7 juta set top box ke seluruh daerah di Indonesia untuk mendukung migrasi siaran televisi analog ke digital. Kota Pekanbaru merupakan salah satu daerah yang migrasi sistem siaran dalam analog switch off (ASO) tahap pertama pada 30 April 2022.
 
Untuk beralih ke siaran digital, warga memerlukan perangkat elektronik yang disebut set top box. Dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan dinas sosial akan menyalurkan 33.721 unit set top box pada warga prasejahtera.
 
"Tahap pertama akan dibagikan di Provinsi Riau yang meliputi Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan Kampar," kata presenter Metro TV, Fifi Aleyda Yahya, dalam tayangan Newsline di Metro TV, Kamis, 10 Maret 2022,

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 5.157 unit set top box akan dibagikan ke masyarakat prasejahtera di Pekanbaru mulai pada Selasa, 15 Maret 2022 mendatang. Warga berharap set top box dibagikan tepat sasaran kepada penduduk ekonomi lemah sesuai data dinas sosial.
 
Aisyah, salah satu warga Pekanbaru, mengaku membutuhkan set top box. Sebab, kualitas siaran tv analog di tempatnya kurang memuaskan. Warga berharap kehadiran siaran digital bisa memperbaiki kualitas siaran TV yang bisa dinikmati masyarakat.
 
"Selama ini gambarnya kayak semut. Apalagi kalo cuaca hujan hilang siarannya," kata seorang warga, Aisyah
 
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memulai analog switch off di tiga tahap di 341 kabupaten dan kota. Tahap pertama penghentian siaran TV analog dimulai tanggal 30 April, tahap kedua pada 25 Agustus, dan tahap ketiga pada 2 November 2022. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif