Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

KPU Kabupaten Tangerang Usulkan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp182 Miliar

Hendrik Simorangkir • 12 Maret 2022 16:15
Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, mengusulkan anggaran Pilkada 2024 sebesar Rp182 miliar. Usulan anggaran tersebut meningkat Rp70 miliar, jika dibandingkan pada Pilkada 2018 Rp110 miliar.
 
"Kita mengusulkan anggaran kepada pemerintah daerah yaitu sekitar Rp182 miliar. Pastinya ada kenaikan dari Pilkada 2018 di angka Rp110 miliar," ujar Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ali Zaenal Abidin, Sabtu, 12 Maret 2022.
 
Ali menuturkan, kenaikan anggaran tersebut lantaran adanya penambahan tempat pemungutan suara (TPS) dari Pilkada sebelumnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dipengaruhi juga adanya penambahan TPS. Saat ini ada 5.626 TPS, yang mana sebelumnya hanya ada 4.513 TPS," ucap dia. 
 
Baca: Banten Kembali Digoyang Gempa, Kekuatan 5,3 Magnitudo
 
Menurut Ali, rincian anggaran sebesar itu untuk pelaksanaan Pilkada 2024 sebenarnya tidak melonjak signifikan dibandingkan Pilkada 2018, jika honor tim Adhoc digabung dengan anggaran KPU Provinsi. 
 
"Usulan biaya Rp180 miliar itu dengan asumsi belum ada cost sharing dari KPU Provinsi Banten. Karena KPU Provinsi telah menginstruksikan untuk disusun terlebih dahulu anggaran untuk 2024 secara keseluruhan. Kalau sudah di atur cost sharingnya, baru kita akan menyesuaikannya kembali," jelasnya.
 
Ali menambahkan, adanya kenaikan usulan anggaran itu untuk mengakomodasi alat pelindung diri (APD) dan item lain sesuai protokol covid-19. Selain itu, lanjutnya, biaya panitia Adhoc pun mengalami peningkatan.
 
"Anggaran APD Rp20 miliar. Ada kenaikan anggaran juga untuk pembayaran panitia TPS, di mana saat ini jumlah TPS bertambah, maka petugas TPS pun ada penambahan juga," katanya
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif