Kemendes PDTT menggelar pameran foto Pejuang Desa, berlokasi di Pantai Panjang, Bengkulu, Jumat, 17 Agustus 2018 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Kemendes PDTT menggelar pameran foto Pejuang Desa, berlokasi di Pantai Panjang, Bengkulu, Jumat, 17 Agustus 2018 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Kemendes PDTT Publikasikan Program Dana Desa melalui Pameran Foto

Nasional Berita Kemendes PDTT
Anggi Tondi Martaon • 17 Agustus 2018 19:43
Kota Bengkulu: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar pameran foto Pejuang Desa, berlokasi di Pantai Panjang, Bengkulu, Jumat, 17 Agustus 2018.
 
Pameran mempresentasikan upaya desa dalam memenuhi kebutuhan dan mengembangkan potensinya.
 
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, pameran foto digelar untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai upaya pemerintah dalam memajukan desa tertinggal melalui Dana Desa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Foto dianggap menjadi media komunikasi yang baik dan mampu mengedukasi masyarakat. "Dengan adanya foto-foto ini, bisa dilihat apa saja kekurangan di desa-desa, apa saja yang sudah dibangun di desa, dan inisiatif-inisiatif apa yang menjadi terobosan untuk membantu percepatan pengentasan," kata Menteri Eko.
 
Politikus PKB itu menyebutkan, alasan lain menggelar pameran foto ialah untuk memancing minat masyarakat agar menggeluti dunia foto. Sebuah foto bisa bernilai ekonomi jika diambil dengan baik dan dinarasikan secara menarik.
 
"Di desa memiliki berbagai objek menarik. Dan yang bisa fotografi bisa menjadi satu nilai karya seni yang sangat tinggi," ujar dia.
 
Pameran foto ini merupakan bagian dari lomba foto yang digelar Kemendes PDTT. Syarat utama lomba itu adalah mengabadikan momen yang berkaitan dengan Dana Desa dan berbagai program Kemendes PDTT. Lomba dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu umum, jurnalis, dan pendamping desa. Foto yang dipajang merupakan karya para pemenang lomba foto Pejuang Desa.
 
Kemendes PDTT Publikasikan Program Dana Desa melalui Pameran Foto
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo membuka pameran foto Pejuang Desa (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 
Niat Kemendes PDTT menginformasikan program Dana Desa melalui foto, bisa dibilang berhasil. Banyak masyarakat yang datang dan antusias melihatnya. Tak cuma menyaksikan karya foto, pengunjung juga mendapatkan informasi soal pengelolaan Dana Desa.
 
Seperti yang disampaikan Febriadi. Dia mengaku memetik informasi seputar Dana Desa dan peruntukan program yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) itu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
 
Kemendes PDTT Publikasikan Program Dana Desa melalui Pameran Foto
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo bersamapara pemenang lomba foto Pejuang Desa(Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 
"Misalnya, untuk pembangunan tempat wisata, perpustakaan, dan fasilitas lain yang berguna untuk masyarakat desa," kata pemuda berusia 18 tahun itu.
 
Hal senada disampaikan Rahma. Bahkan, perempuan 23 tahun itu menyebutkan setelah melihat pameran foto mendapatkan ide untuk mengaplikasikan pemanfaatan Dana Desa.
 
"Ini kan dari uang Dana Desa, jadi kegiatan ini bisa memberikan informasi kepada kami yang belum tahu apa saja inovasi pemanfaatan Dana Desa," kata Rahma.
 
Dia juga menyebutkan bahwa pameran itu menunjukkan semangat gotong-royong antar warga desa. "Semangat gotong-royong mampu membantu masyarakat menyelesaikan masalah, sehingga kegiatan itu bermanfaat bagi desanya dan masyarakat," katanya.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif