ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Kelangkaan Blangko di Sidoarjo Diharap Tak Ganggu Pilkada

Nasional e-ktp
Syaikhul Hadi • 29 Oktober 2019 14:18
Sidoarjo: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sidoarjo berharap adanya ketersediaan blangko pada awal tahun depan. Ketersediaan blangko dinilai perlu untukbeberapa daerah yang akan menyelenggarakan pemilu serentak.
 
"Ya mudah-mudahan di awal tahun ada pengadaan (blangko) lagi. Sehingga kita bisa didroping lagi sama seperti tahun yang lalu sebelum pemilu," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sidoarjo, Medy Yulianto saat dikonfirmasi, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Medy menjelaskan pada awal tahun lalu, pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendapat blangko sebanyak 110.000 keping. Balngoko tersebut kemudian segera disalurkan untuk pembuatan KTP Elektronik warga agar bisa menggunakan hak suara pada Pilpres 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kalau sudah ada ketersediaan blangko sebelum pemilu, kami sudah tidak punya tanggungan lagi," jelas Medy.
 
Menurut Medy saat ini Dispenduk Capil mencatat dari 1,4 juta penduduk wajib KTP, sudah ada sekitar 1,3 juta lebih yang sudah memiliki KTP elektronik.
 
"Untuk sekarang yang tinggal cetak ada sekitar 50 ribuan KTP. Itu masih belum KTP yang rusak, hilang, perubahan data penduduk, dan lain-lain," beber Medy.
 
Dinas Kependudukan dan catatan sipil kabupaten Sidoarjo berharap ada sebuah kewenangan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, berkaitan dengan pengadaan blangko KTP Elektronik. Hal itu untuk mencukupi kebutuhan layanan pembuatan KTP elektronik penduduk.
 
"Ya, kalau kita diperkenankan pengadaan sendiri, kami senang sekali. Tapi itu kan tidak mudah. Karena harus menunggu regulasi yang baru," pungkas Medy.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif