Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: MI/Anggoro).
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: MI/Anggoro).

Ridwan Kamil Bicara Keberagaman Indonesia di Inggris

Nasional kunjungan kerja kerukunan beragama
Antara • 25 Juli 2019 10:38
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbicara mengenai keberagaman Indonesia dan ideologi Pancasila saat menjadi pembicara dalam acara Peaceful Dialogue di Inggris, Selasa, 23 Juli 2019 waktu setempat.
 
"Kedatangan saya ke sini menjadi awal program saya untuk mengirimkan ulama dari Jabar untuk menyebarkan pesan perdamaian ke Eropa," kata Ridwan Kamil dalam siaran pers, Kamis, 26 Juli 2019.
 
Gubernur yang biasa disapa Emil itu juga mengatakan bahwa sebagai seorang pemimpin serta seorang muslim, dia harus melindungi seluruh umat beragama yang ada di wilayahnya. Selain itu Emil juga berbicara soal gerakan subuh berjamaah dan penguatan ekonomi umat via program One Pasantren One Product (OPOP).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenai radikalisme, Emil mengatakan bahwa memperbanyak dialog adalah cara terbaik untuk mencegah radikalisme. Selain Emil, pemuda Pakistan yang selamat dari serangan teroris pada 2014, Ahmad Nawaz, 19, juga menjadi pembicara dalam acara tersebut.
 
Pemuda yang aktif menyuarakan anti-radikalisme tersebut menceritakan serangan teroris yang merenggut 141 nyawa, 132 di antaranya anak-anak.
 
"Saya tak bisa menolong mereka, saya pun terluka. Adik saya pun jadi korban, orang tua saya awalnya menyembunyikannya saat saya dirawat di RS," jelas Emil.
 
Dalam pidatonya, Ahmad menyatakan bahwa dia sudah bangkit dan akan terus mengampanyekan anti-radikalisme ke sekolah-sekolah. "Kita harus hentikan radikalisme, kita bisa. Saya percaya kita bisa memerangi ekstremisme," jelas Emil.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif