Ilustrasi obat ivermectin. Foto: AFP/Luis Robayo
Ilustrasi obat ivermectin. Foto: AFP/Luis Robayo

Jual Obat Harga Selangit, Pemilik 2 Apotek di Bandung Diperiksa Polisi

MetroTV • 09 Juli 2021 12:26
Bandung: Beberapa hari belakangan terjadi kelangkaan obat-obatan dan vitamin terapi covid-19 di apotek-apotek sejumlah daerah. Kelangkaan ini dipicu tingginya kasus positif terpapar covid-19 di tanah air yang terus meningkat.
 
Untuk mengecek ketersediaan obat dan mengantisipasi terjadinya permainan harga Tim Gabungan Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Jawa Barat menyidak sejumlah apotek.
 
Polisi menemukan dua apotek yang menjual vitamin dan obat-obatan penyembuhan covid-19 di atas harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Seperti diketahui, Kemenkes nemenatapkan harga jual obat Invermectin yaitu Rp7.500 ribu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, kedua apotek tersebut menjual obat Invermectin dengan harga Rp10.000 ribu bahkan ada yang menjual hingga Rp500.000 ribu.
 
Petugas langsung mendata obat yang sedang banyak dicari masyarakat untuk penyembuhan covid-19. Hasilnya, polisi menemukan banyak obat-obatan yang sudah menipis stoknya atau bahkan habis.
 
"Kalau ada yang menjual (Ivermectin) lebih dari Rp7.500 akan kita lakukan penegakan hukum," jelas Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang.
 
Menurut Adanan, pihaknya telah mengamankan pemilik kedua apotek tersebut dan langsung dimintai keterangan lebih lanjut.
 
"Kita sudah ada beberapa temuan apotek. Kemudian, pengurusnya kita panggil," katanya. (Aulya Syifa)
 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif