Pengunjung berfoto di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)
Pengunjung berfoto di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Wisatawan Anak Diizinkan, Pengunjung Gembira Loka Zoo Yogyakarta Membludak

Nasional kebun binatang pariwisata indonesia Yogyakarta
Ahmad Mustaqim • 11 Oktober 2021 13:12
Yogyakarta: Pengelola Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo (GL Zoo) mengizinkan pengunjung anak usia di bawah 12 tahun pada akhir pekan kemarin. Imbasnya, jumlah pengunjung meningkat signifikan.
 
Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo, Fahmi Ramadhan, mengungkapkan, pengunjung dewasa maupun anak usia di bawah 12 tahun harus melewati proses skrining ketat. Tiga syarat yang wajib dipenuhi yakni orang tua atau pendamping harus sudah divaksin, melaksanakan protokol kesehatan, dan lolos skrining aplikasi pedulilindungi.
 
"Kalau pendamping atau orang tua belum divaksin tetap tidak diizinkan masuk. Tiga syarat itu wajib dipenuhi untuk bisa masuk," kata Fahmi dihubungi Medcom.id, Senin, 11 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, jumlah pengunjung akhir pekan kemarin mencapai sekitar 1.000 orang dalam sehari. Jumlah ini meningkat tajam dibanding hari biasa (sekitar 30-40 pengunjung) dan akhir pekan sebelumnya (130-150 pengunjung).
 
Baca: Pemprov Kepri Memastikan Travel Bubble dengan Singapura Siap Dibuka
 
"Sebelumnya banyak yang tertolak karena anak usia di bawah 12 tahun belum dibolehkan masuk," tuturnya.
 
Fahmi menyatakan masih mengevaluasi uji coba pembukaan kunjungan di kebun binatang itu. Salah satunya pengunjung anak di bawah 12 tahun yang dibolehkan masuk dengan pengawasan orang dewasa.
 
Sejauh ini, GL Zoo menjadi satu di antara tujuh destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diizinkan uji coba. Fahmi menyebut, uji coba ini tetap dalam pengawasan pemerintah kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan pusat.
 
"Uji coba ini dipantau (pemerintah) pusat lewat pemerintah daerah. Pembukaan nanti tetap menunggu izin pemerintah pusat," jelasnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif