Warga Toba Samosir laporkan penyerobotan lahan dan limbah industri ke Jokowi di Istana Meredaka Jakarta. Foto: Dok/screenshot Metro TV
Warga Toba Samosir laporkan penyerobotan lahan dan limbah industri ke Jokowi di Istana Meredaka Jakarta. Foto: Dok/screenshot Metro TV

Warga Danau Toba Laporkan Penyerobotan Lahan dan Limbah Industri ke Jokowi

Nasional Jokowi pencemaran sengketa tanah Pengolahan Limbah Kerusakan Hutan danau toba
MetroTV • 07 Agustus 2021 17:35
Toba: Rombongan warga dari Kabupaten Toba Samosir berjalan kaki selama 44 hari untuk bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo. Mereka yang terdiri dari belasan orang itu mengadukan penyerobotan lahan dan dampak limbah industri pengolahan kertas.
 
"Kita ingin menyampaikan aspirasi kegelisahan, kesedihan, kemarahan kita atas aktivitas-aktivitas kerusakan lingkungan di Danau Toba," ujar seorang perwakilan rombongan warga Toba Samosir, Togu Simorangkir, dalam tayangan Metro Siang, Sabtu, 7 Agustus 2021.
 
Sebelum masuk ke istana rombongan di karantina di Rusun Pasar Rumput dan melakukan pengecekan kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah sembilan hari menunggu akhirnya hari ini bisa bertemu. Karena kondisi pandemi, hanya saya sendiri yang bisa masuk," ungkap Togu.
 
Togu diterima Jokowi secara tertutup di Istana Merdeka Jakarta. Dia menyerahkan dokumen sebanyak 96 halaman kepada Jokowi. Dokumen itu berisi laporan kerusakan lingkungan dan pencemaran limbah yang diduga dilakukan sebuah perusahaan.
 
Menurut Togu, Jokowi menyatakan masalah 25.000 hektar tanah masyarakat adat di Toba akan rampung pada Agustus ini. Jokowi juga berjanji akan berkunjung ke Toba untuk meninjau langsung.
 
"Lima SK sudah selesai, tadi saya sudah lihat, dan tinggal 10 lagi akan dituntaskan pada bulan ini," kata Togu. (Imanuel Rymaldi Matatula)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif