Keberadaan WN Jerman (kiri) didampingi petugas Imigrasi Bali dalam proses deportasi, Rabu, 1 Agustus 2021. Antara/Ayu Khania Pranisitha.
Keberadaan WN Jerman (kiri) didampingi petugas Imigrasi Bali dalam proses deportasi, Rabu, 1 Agustus 2021. Antara/Ayu Khania Pranisitha.

Imigrasi Bali Deportasi WNA Asal Jerman Terlibat Narkotika

Nasional WNA pelanggaran imigrasi narkotika internasional BNN
Antara • 03 September 2021 06:30
Denpasar: Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Bali mendeportasi warga Jerman, Tim Dielenschneider, 29. Warga negara asing (WNA) itu sebelumnya terlibat kasus penyalahgunaan narkotika.
 
"Yang bersangkutan pernah ditahan selama empat tahun karena kasus narkotika, di LP Kerobokan, kemudian setelah menjalani masa pidananya, tepat pada Rabu, 1 September, sudah dideportasi ke negaranya," kata Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM Bali Jamaruli Manihuruk dalam siaran persnya di Denpasar, Kamis, 2 September 2021.
 
Ia mengatakan WNA tersebut pernah menjadi klien pemasyarakatan kasus narkotika dengan pidana yang dikenakan Pasal 111 Ayat (1) dan 112 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 dan dipidana selama empat tahun.
 
Ia juga sempat ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan, kemudian dilimpahkan ke Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Gianyar, dan terakhir dilimpahkan ke Rutan Bangli hingga vonis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah vonis, kembali dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Bangli bersama seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) dengan kasus narkotika.
 
Baca: Galang Donasi Ilegal, WNA Asal Pakistan Dideportasi
 
Pada 27 Mei 2020, WNA tersebut mendapatkan pembebasan bersyarat (PB) dan menjalani proses bimbingan di Balai Pemasyarakatan Kelas I Denpasar selama satu tahun empat bulan empat hari. Setelah menjalani proses bimbingan di Balai Pemasyarakatan Kelas I Denpasar, pada 31 Agustus 2021 ia juga diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar untuk dilakukan deportasi.
 
"Jadi yang bersangkutan dideportasi tepat pada Rabu, 1 September 2021, melalui Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 21.05 WIB dengan penerbangan TK57 dan TK1523 tujuan Jakarta-Istanbul-Jerman," katanya.
 
Pendeportasian dilakukan karena Tim Dielenschneider telah melanggar Pasal 75 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan juga penangkalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 75 Ayat (2) Huruf a dan f Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.
 

*Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif