medcom.id, Tangerang: Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, akan membuka layanan penerbangan internasional. Otoritas bandara pun menyiapkan beragam fasilitas untuk layanan baru tersebut.
Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II, Djoko Murjadmodjo, mengatakan sebelumnya Terminal 3 melayani penerbangan domestik. Namum layanan di Terminal 3 akan ditingkatkan.
Adapun beberapa fasilitas yang digunakan di antaranya layar digital yang memuat informasi penerbangan. Menurut Djoko, layar digital itu akan menggunakan tekonologi canggih.
"Layanan ini didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang atau pengunjung Bandara mencari lokasi parkir memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya," kata Djoko di Tangerang, Selasa 25 April 2017.
Selain fasilitas itu, Terminal 3 internasional juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi di gerbang keberangkatan dan kedatangan. Ditambah juga dengan adanya 30 autogate imigrasi yang masing-masing berada di keberangkatan dan kedatangan.
"Pada security check point sebelum memasuki area inigrasi terdapat 12 unit x-ray dan 2 unit body scanner guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat," ucap dia.
Tamu terminal 3 juga akan disuguhkan dengan sejumlah tenant makanan dan minuman.
Terminal 3 Internasional juga akan menyediakan 17 parking stand untuk pesawat yang juga mampu mengakomodir 3 pesawat berbadan lebar atau wide body airbus A380.
Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P Lampe mendukung peningkatan pelayanan itu. Sebab Garuda berkomitmen bekerja sama untuk menjadikan bandara sebagai Gerbang Wisata Indonesia.
"Layanan ini bisa menjadi langkah konkret pengembangan layanan infrastruktur, transportasi, dan penunjang pariwisata nasional di mata dunia," ungkap Nicodemus.
Sementara itu, Direktur operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono menyatakan pihaknya telah siap baik dari sisi fasilitas, SDM dan soP untuk mendukung pengoperasian layanan navigasi penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
"Pada prinsipnya dari sisi operasional, Kantor Cabang Utama JATSC yang melayani navigasi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah siap, selama ini parking stand yang digunakan untuk penerbangan internasional sudah dipergunakan walaupun terbatas (belum menggunakan aviobridge)," kata Wisnu Darjono.
medcom.id, Tangerang: Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, akan membuka layanan penerbangan internasional. Otoritas bandara pun menyiapkan beragam fasilitas untuk layanan baru tersebut.
Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II, Djoko Murjadmodjo, mengatakan sebelumnya Terminal 3 melayani penerbangan domestik. Namum layanan di Terminal 3 akan ditingkatkan.
Adapun beberapa fasilitas yang digunakan di antaranya layar digital yang memuat informasi penerbangan. Menurut Djoko, layar digital itu akan menggunakan tekonologi canggih.
"Layanan ini didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang atau pengunjung Bandara mencari lokasi parkir memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya," kata Djoko di Tangerang, Selasa 25 April 2017.
Selain fasilitas itu, Terminal 3 internasional juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi di gerbang keberangkatan dan kedatangan. Ditambah juga dengan adanya 30 autogate imigrasi yang masing-masing berada di keberangkatan dan kedatangan.
"Pada security check point sebelum memasuki area inigrasi terdapat 12 unit x-ray dan 2 unit body scanner guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat," ucap dia.
Tamu terminal 3 juga akan disuguhkan dengan sejumlah tenant makanan dan minuman.
Terminal 3 Internasional juga akan menyediakan 17 parking stand untuk pesawat yang juga mampu mengakomodir 3 pesawat berbadan lebar atau wide body airbus A380.
Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P Lampe mendukung peningkatan pelayanan itu. Sebab Garuda berkomitmen bekerja sama untuk menjadikan bandara sebagai Gerbang Wisata Indonesia.
"Layanan ini bisa menjadi langkah konkret pengembangan layanan infrastruktur, transportasi, dan penunjang pariwisata nasional di mata dunia," ungkap Nicodemus.
Sementara itu, Direktur operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono menyatakan pihaknya telah siap baik dari sisi fasilitas, SDM dan soP untuk mendukung pengoperasian layanan navigasi penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
"Pada prinsipnya dari sisi operasional, Kantor Cabang Utama JATSC yang melayani navigasi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah siap, selama ini parking stand yang digunakan untuk penerbangan internasional sudah dipergunakan walaupun terbatas (belum menggunakan aviobridge)," kata Wisnu Darjono.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(RRN)