ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

3.862 Nakes di Purworejo Diprioritaskan Dapat Vaksin Tahap Pertama

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19 Protokol Covid-19
Bagus Aryo Wicaksono • 07 Januari 2021 23:55
Purworejo: Sebanyak 3.862 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menjadi prioritas penerima vaksin covid-19 tahap pertama. Setelah nakes vaksin akan diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat.
 
"Nakes menjadi prioritas utama pemberian vaksin Covid-19. Setelah nakes tahap berikutnya akan disalurkan kepada ASN yang memberikan pelayanan publik baru kepada masyarakat luas," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo, Tolkha Amaruddin, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Baca: PSBB Ketat, Pemkot Tangsel Optimalkan 3 T

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tolkha mengatakan nakes yang pernah terpapar covid-19 menjadi pengecualian penerima vaksin. Ia beralasan bahwa nakes yang pernah terpapar Covid-19 dan sembuh sudah terbentuk antibodinya, sehingga tidak perlu mendapat vaksin.
 
Tolkha menambahkan saat ini vaksin masih berada di Pemprov Jawa Tengah. Ia juga belum bisa memastikan berapa jumlah vaksin yang akan diterima Kabupaten Purworejo.
 
"Untuk jumlahnya belum ada keterangan resmi. Karena kita juga belum menerima. Infonya sekitar 1.200 tapi bisa lebih," ujarnya.
 
Meskipun sudah ada vaksin Covid-19, Tolkha mengatakan jika masyarakat tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan 3M. "Kita minta masyarakat tetap harus patuh protokol kesehatan 3M. Jangan malah menyepelekan," ujarnya.
 
Sementara itu ada 37 fasilitas kesehatan yang disiapkan oleh Pemkab Purworejo sebagai tempat vaksinasi covid-19. Terdiri dari delapan rumah sakit dan 29 puskesmas.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif