Kondisi kambing yang diduga diserang hewan buas (Foto / Metro TV)
Kondisi kambing yang diduga diserang hewan buas (Foto / Metro TV)

Puluhan Kambing di Bondowoso Mati Misterius dengan Kondisi Terkoyak

Clicks.id • 09 Maret 2022 15:56
Bondowoso: Puluhan kambing milik warga Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso terluka dan mati secara misterius. Belum diketahui penyebab hewan ternak itu mati dan terluka.
 
Dugaan sementara akibat serangan hewan liar yang kelaparan. Informasi yang dihimpun, peristiwa terjadi sejak seminggu terakhir. Total ada 10 kambing yang mati mengenaskan dengan kondisi leher tercabik. Sementara puluhan lainnya luka di beberapa bagian seperti ekor badan dan kaki.
 
Kondisi luka kambing pun beragam, beberapa ekor kambing terluka kakinya hingga menyisakan tulang. Bahkan ada juga yang lepas kakinya sehingga kesulitan berjalan. Sebagian kambing lain juga terluka di kemaluannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasus kambing mati dan terluka ini diketahui para pemilik pagi hari saat hendak memberi makan. Mereka kaget, mengetahui beberapa kambing tergeletak dan darah berceceran. Mengetahui itu, para pemilik pun syok. 
 
Baca: 1 Titik di Tol Pandaan-Malang Berpotensi Longsor Susulan
 
Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Bondowoso, Cendy Herdiawan mengatakan, posisi beberapa kandang kambing yang mati dan terluka itu berada di pinggir hutan dan bebatuan. Dia menduga, kandang itu disatroni hewan liar dan buas yang memangsa kambing-kambing tersebut.
 
"Tahun lalu juga pernah terjadi, bulannya hampir sama. Ada kemungkinan hewan liar. Bisa anjing liar atau hewan lain yang buas," katanya, Rabu 9 Maret 2022.
 
Dia mengimbau kepada para pemilik untuk berhati-hati dan waspada. Sebisa mungkin kandang dibuat lebih aman, sehingga peristiwa serupa tidak terulang.
 
"Kami akan bantu dengan sistem kandang yang aman. Kami juga menyarankan warga untuk waspada," ujarnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif