ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Kabupaten Trenggalek Targetkan BLT Dana Desa Rampung Akhir Maret

Antara • 12 Maret 2022 06:32
Trenggalek: Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menargetkan penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) triwulan pertama 2022 rampung akhir Maret 2022. 
 
"Penyaluran BLT-DD ini sudah mulai dilakukan sejak 1 Maret dan diharapkan rampung sebelum April," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Trenggalek, Joko Susanto di Trenggalek, Jumat, 11 Maret 2022. 
 
Dalam penyaluran BLT-DD tahap I, setiap keluarga penerima manfaat (KPM) berhak menerima Rp900 ribu. Besaran bantuan itu akumulasi hak BLT-DD setiap KPM sebesar Rp300 ribu/bulan, terhitung mulai Januari hingga Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total BlT-DD yang disalurkan untuk Trenggalek adalah Rp62,7 miliar. Dia menjelaskan penyaluran BLT-DD ini sesuai Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Belanja Negara Tahun Anggaran 2022 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 190/PMK.07/tahun 2021 tentang Pengelolaan Dana Desa.
 
"Kami sepenuhnya mengawal amanah sebagaimana tertuang dalam Perpres 104/2021 dan Permenkeu 190/PMK.07/2021. Bahwa pemerintah desa diwajibkan mengalokasikan 40 persen dana desa untuk BLT-DD. Kami kawal itu untuk dilaksanakan di semua desa di Trenggalek,” kata Joko.
 
Baca: 2,76 Juta PKL dan Nelayan Bakal Terima Bantuan Tunai Rp600 Ribu/Orang
 
Sementara itu, Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara berharap penyaluran BLT-DD di Trenggalek dapat membantu perekonomian masyarakat di tengah gempuran pandemi covid-19. Ia mengimbau setiap KPM memanfaatkan bantuan itu dengan amanah, baik itu yang bersumber dari Kemendes maupun Kemensos.
 
“Harus sama-sama kita ketahui, bantuan BLT-DD ini ditujukan untuk perbaikan gizi. Maka dari itu tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang lain,” kata Syah.
 
Menurutnya, penyaluran bantuan ditengah pandemi ini merupakan momentum yang tepat. Sebab dengan bantuan itu sedikit banyak bisa meringankan beban ekonomi masyarakat sehingga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif