Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau korban gempa di Kampung Cibeulah, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis, 20 Januari 2022. Dokumentasi/ istimewa
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau korban gempa di Kampung Cibeulah, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis, 20 Januari 2022. Dokumentasi/ istimewa

Ma’ruf Amin Minta Rumah Korban Gempa Pandeglang Direlokasi

Nasional gempa bencana bencana alam maruf amin Gempa Banten
Hendrik Simorangkir • 20 Januari 2022 19:15
Tangerang: Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau korban gempa di Kampung Cibeulah, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten. Dalam tinjauan tersebut dia meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menjajaki opsi relokasi rumah warga di kawasan rawan bencana.
 
"Sekarang sedang dipikirkan apakah tidak sebaiknya dilakukan relokasi, ini supaya tidak terus menerus terjadi. Karena daerah itu dinilai masuk jalur merah," kata Ma'ruf Amin, Kamis, 20 Januari 2022.
 
Baca: Covid-19 Melonjak, Pola Kerja dan PTM di Tangerang Diubah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan masyarakat tidak keberatan bila rumah dipindahkan karena mereka sering menjadi korban bencana alam. Pemerintah sudah memetakan wilayah yang tepat untuk tempat baru mereka.
 
"Jangan terus menerus seperti ini. Misalnya seperti di Lumajang itu kemudian direlokasi ke tempat yang lebih baik lebih aman," jelasnya.
 
Sementara Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, mengatakan Pemprov Banten saat ini tengah fokus pemenuhan kebutuhan dasar berupa makanan, sandang, dan pemulihan trauma.
 
"Kami juga memastikan adanya percepatan bantuan perbaikan rumah bagi korban terdampak berdasarkan kesepakatan antara Pemerintah Pusat, Pemprov Banten dan Pemkab Pandeglang," kata Andika.
 
Menurut dia Pemprov Banten juga akan mengaktifkan seluruh klaster kebencanaan dan aturan pelaksanaan teknisnya yang akan diatur melalui peraturan gubernur. "Diharapkan BPBD Provinsi Banten segera dapat menindaklanjuti," ungkapnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif