Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan
Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan

NasDem Desak Pemerintah Tegas Sikapi Ancaman Amerika Boikot G20

Nasional Partai NasDem Amerika Serikat nasdem farhan G20 Presidensi G20
Roni Kurniawan • 18 April 2022 16:19
Bandung: Menteri Keuangan (Menkeu) Amerika Serikat Janet Yellen meengultimatum Presidensi G20 untuk menghapus Rusia dari forum ekonomi utama. Bahkan Amerika mengancam akan memboikot sejumlah agenda jika Presidensi Indonesia menghadirkan Presiden Rusia Vladimir Putin.
 
Menyikapi hal ini, Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan meminta Pemerintah tegas dalam menentukan sikap. Sebab, Indonesia dipastikan memiliki positioning besar dalam kesuksesan G20.
 
"Pernyataan Menteri Keuangan Amerika ini membuat kita agak bertanya-tanya, maunya apa ya? Padahal Presiden Biden masih memberikan syarat, bukan harga mati. Beliau mengatakan bahwa apabila Indonesia tidak bisa memenuhi permintaan ini (tidak mengundang Rusia) paling tidak undanglah Ukraina," ujar Farhan di Bandung, Senin, 18 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Farhan memastikan Amerika Serikat tidak basa-basi atas permintaan tersebut. Tetapi ia juga menekankan Imbas konflik Rusia dan Ukraina yang berkepanjangan dinilai jadi momentum Indonesia menegaskan sikap netral.
 
"Pernyataan dari Mentri keuangan Amerika Serikat, tapi bukan dari Presiden (Biden) memang menegaskan bahwa mereka sedang mamastikan agar sanksi ekonomi itu memberikan efek yang besar, bukan yang sifatnya basa basi. Sikap politik mereka jadi sangat tegas," ucapnya.
 
Baca: Indonesia Jangan Terbawa Narasi Tak Mengundang Rusia ke G20
 
Farhan menilai sejauh ini belum ada negara peserta G20 secara tegas bersikap terhadap rencana tersebut. "Indonesia harus hati-hati menyikapi pernyataan Menteri Keuangan AS ini. Walaupun, sampai sekarang belum terihat adanya pernyataan yang mendukung atau bersebrangan dengan Menteri Keuangan Amerika," beber Farhan.
 
Farhan menerangkan untuk menghadapi situasi itu, Indonesia harus semakin massif membangun kepercayaan kepada peserta. Ia menuturkan Indonesia harus bisa mengajak kolaborasi atau menentukan sikap bersama.
 
Forum G20 dinilai bakal menjadi momentum habis-habisan Amerika Serikat menyudutkan Rusia. "Saatnya sekarang membuat manuver menyeimbangkan hal itu, karena Amerika akan habis-habisan di G20, sehingga bisa saya simpulkan G20 ini bisa jadi the last frontier bagi AS mempertahankan hegemoninya di Dunia," ucap Farhan.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif