Ilustrasi pemulihan bencana erupsi Gunung Semeru. Dokumentasi/ Kominfo Lumajang
Ilustrasi pemulihan bencana erupsi Gunung Semeru. Dokumentasi/ Kominfo Lumajang

Huntara Korban Erupsi Semeru Diserahterimakan Pekan Ini

Nasional Erupsi Gunung Jawa Timur Gunung Semeru Erupsi korban erupsi Gunung Semeru
Amaluddin • 17 April 2022 06:00
Surabaya: Sebanyak 1.781 dari 1.951 hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (huntara) warga terdampak Gunung Semeru sudah selesai dibangun. Rencananya, pemerintah akan menggelar soft launching huntap dan huntara itu pekan ini. 
 
"Prinsipnya kira-kira soft launching akan dilakukan antara tanggal 20 sampai 24 April ini," kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, usai menghadiri acara Nuzulul Qur'an DPW PKB Jatim di Surabaya, Sabtu malam, 16 April 2022.
 
Politisi PKB itu memastikan, huntap dan huntara bisa ditempati warga terdampak Semeru sebelum lebaran. Saat ini, kata dia, masih dalam proses pembangunan dan pengerjaan berbagai faktor, mulai fasilitas umum (fasum), listrik, air, dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 300 Unit Relokasi Erupsi Semeru Ditarget Rampung Sebelum Lebaran
 
"Jadi, ini bukan soal rumahnya saja, tapi juga terkait pemasangan listrik, air, hingga fasum juga harus selesai semua sebelum ditempati. Yang jelas sebel lebaran sudah bisa ditempati," ujarnya. 
 
Thoriq menarget pembangunan 1.951 total huntap dan huntara itu rampung pada bulan Mei 2022. Dari jumlah itu, saat ini sudah selesai dibangun mencapai 1.781 rumah. Artinya tersisa 170 rumah masih dalam proses pembangunan. 
 
"Hanya tinggal beberapa ratus rumah saja, dan kami target Mei sudah tuntas semua. Sementara untuk soft launchingnya, kami masih mencocokkan waktu dengan Bu Gubernur, untuk penerimaan rumah warga terdampak semeeru masuk ke tempat relokasi," ujarnya.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif